Sukses

Plafon Gedung Jebol, BEI Pastikan Sistem Perdagangan Saham Aman

Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan bahwa perdagangan saham pada Jumat ini akan berjalan dengan normal.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan bahwa perdagangan saham pada Jumat ini akan berjalan dengan normal. Kebocoran saat perbaikan rutin pipa air yang terjadi di Gedung BEI pada Kamis sore kemarin tidak memberikan dampak terhadap sistem perdagangan Jakarta Automated Trading System Next Generation (JATS Next G) BEI.

Kepala Divisi Operasional dan Teknologi Informasi BEI Abdul Munim mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan, sejauh ini tidak terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan kendala pada perdagangan saham di BEI.

“Kami juga memiliki sistem cadangan dengan spesifikasi sistem yang sama dengan sistem perdagangan utama, jadi perdagangan saham pada Jumat akan aman,” ujar Mumin dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (6/4/2018).

Sekedar informasi, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis ditutup menguat 0,42 persen atau 26,13 poin ke level 6.183,22 poin.

Nilai kapitalisasi pasar juga menguat ke level Rp 6.879 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beredar Foto Plafon Gedung BEI Ambrol

Beredar foto yang menunjukkan salah satu plafon gedung tersebut ambrol pada Kamis (5/4/2018) sore. Plafon yang ambrol tersebut terletak di bawah lantai 1 Tower 1 Gedung BEI.

Saat dikonfirmasi, Kadiv Komunikasi BEI Oscar Herliansyah mengatakan, saat ini gedung BEI memang sedang menjalani maintenance. Saat pengerjaan itu, diketahui air merembes di salah satu plafon.

Akhirnya, diputuskan jika plafon tersebut dijebol untuk mengalirkan air. Alhasil, lantai dasar gedung dibanjiri air.

"Pertama itu bukan di bursa. Gedung bursa sedang maintenance ada bocor air mengucur keluar. Plafon dibongkar jadinya banjir air," kata dia saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, saat ini kegiatan di BEI masih berjalan normal. Meski, di sekitar lokasi dikosongkan untuk kegiatan perbaikan. Perbaikan plafon tersebut dinilai akan selesai esok hari.

"Jadi memang sedang dibongkar plafon dan dipasang lagi dan sudah tidak ambrol lagi," dia menegaskan.

Dia pun menyatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena perdagangan berjalan normal. "Untuk server dan keamanan tak ada masalah," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.