Sukses

Jual Saham Newmont, Bumi Resources Akan Bayar Utang

Manajemen PT Bumi Resources Minerals Tbk menyatakan kalau harga jual 24 persen saham Newmont mempertimbangkan jumlah cadangan bijih Newmont.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) mempertimbangkan menggunakan seluruh dana hasil penjualan saham PT Newmont Nusa Tenggara untuk membayar utang kepada Credit Suisse.

Sekretaris Perusahaan PT Bumi Resources Minerals Tbk Muhammad Sulthon menyampaikan hal itu dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (15/7/2016).

Sultjon menuturkan, pembayaran kepada Credit Suisse selaku kreditor yang telah memberi pinjaman kepada PT Multi Daerah Bersaing dalam pembelian 24 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara pada 2009 dan 2010.

Melihat laporan keuangan perseroan pada kuartal III 2015, perseroan memiliki pinjaman jangka panjang kepada Credit Suisse sekitar US$ 482,47 juta. Credit Suisse AG telah memberikan beberapa kali persetujuan perpanjangan terhadap fasilitas pinjaman ini. Perpanjangan terbaru atas fasilitas ini hingga 3 April 2015.

Sulthon menuturkan, harga jual 24 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara ditentukan berdasarkan penilaian saat ini dengan mempertimbangkan jumlah cadangan bijih PT Newmont Nusa Tenggara.

"Berdasarkan data yang Perseroan miliki, jumlah cadangan bijih PT Newmont Nusa Tenggara dan harga komoditas produk PT Newmont Nusa Tenggara saat ini jauh menurun dibandingkan dengan perseroan melakukan pembelian saham PT Newmont Nusa Tenggara pada 2009 dan 2010," ujar dia.

Ada pun hingga saat ini, perseroan menyatakan tidak ada informasi dan kejadian penting lainnya yang material yang dapat mempengaruhi kelangsungan usaha perseroan serta dapat mempengaruhi harga saham Perseroan. Perseroan akan memenuhi peraturan bursa serta ketentuan terkait lainnya berkenaan dengan kewajiban penyampaian informasi.

PT Bumi Resources Minerals Tbk telah melalui anak usahanya PT Multi Daerah Bersaing telah menjual 24 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara. Anak usaha perseroan tersebut telah menandatangani conditional shares sale and purchase agreement dengan PT Amman Mineral Internasional untuk penjualan 24 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) pun mengakuisisi saham Newmont yang dimiliki PT Amman Mineral Internasional (AMI) sebesar 82,2 persen. Nilai akuisisi tersebut mencapai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 34,27 triliun (asumsi kurs Rp 13.180 per dolar Amerika Serikat). (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.