Sukses

18 Juni Hari Piknik Sedunia, Cara Menikmati Hidup Sederhana Bersama

Pada era Victoria di Inggris, piknik menjadi populer di kalangan masyarakat kelas menengah dan atas, yang kerap mengadakan pesta kebun dengan makanan lezat dan permainan tradisional

Liputan6.com, Jakarta - Hari Piknik Sedunia yang diperingati setiap tanggal 18 Juni merupakan momen spesial bagi banyak orang di seluruh dunia. Hari ini menjadi kesempatan emas untuk kembali terhubung dengan alam, keluarga, dan teman-teman melalui kegiatan sederhana namun penuh makna, yaitu piknik.

Dalam kehidupan modern yang serba cepat dan penuh tekanan, hari piknik sedunia mengajak kita untuk sejenak melupakan rutinitas sehari-hari dan menikmati kebersamaan di alam terbuka. Piknik bukan hanya sekadar makan di luar ruangan, tetapi juga cara untuk merayakan kebersamaan dan kebahagiaan.

Sejarah mencatat bahwa tradisi piknik telah ada sejak zaman dahulu kala. Orang-orang dari berbagai budaya di seluruh dunia telah lama menikmati makan di luar rumah, baik untuk merayakan momen spesial maupun sekadar berkumpul bersama.

Pada era Victoria di Inggris, piknik menjadi populer di kalangan masyarakat kelas menengah dan atas, yang kerap mengadakan pesta kebun dengan makanan lezat dan permainan tradisional. Di Indonesia, tradisi piknik juga telah dikenal sejak lama.

Banyak keluarga yang memanfaatkan hari libur untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata alam seperti pantai, gunung, atau taman kota. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, mereka menikmati waktu bersama sambil menikmati keindahan alam.

Piknik di Indonesia sering kali menjadi momen yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendekatkan anggota keluarga satu sama lain. Namun, di era digital seperti sekarang, kegiatan piknik mulai tergeser oleh aktivitas di dalam ruangan yang melibatkan teknologi.

Banyak orang lebih memilih menghabiskan waktu di depan layar gadget daripada keluar menikmati alam. Oleh karena itu, Hari Piknik Sedunia hadir sebagai pengingat betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara kehidupan digital dan interaksi nyata.

Melalui piknik, kita dapat kembali merasakan manfaat dari kegiatan luar ruangan seperti menghirup udara segar, berolahraga ringan, dan menjalin komunikasi yang lebih erat dengan orang-orang terdekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Pinik

Untuk memperingati Hari Piknik Sedunia tahun ini, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar momen piknik menjadi lebih berkesan. Pertama, pilihlah lokasi yang menarik dan mudah dijangkau.

Taman kota, pantai, atau pegunungan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua, siapkan bekal makanan yang praktis dan lezat. Sandwich, buah-buahan segar, dan minuman dingin bisa menjadi pilihan menu yang sempurna. Ketiga, bawalah perlengkapan piknik seperti tikar, payung, dan peralatan makan yang ramah lingkungan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengajak serta keluarga dan teman-teman. Semakin banyak orang yang bergabung, semakin meriah suasana piknik Anda.

Manfaatkan waktu tersebut untuk bercengkerama, bermain permainan tradisional, atau sekadar duduk santai menikmati pemandangan. Jika memungkinkan, matikan gadget Anda dan fokuslah pada kebersamaan dan keindahan alam sekitar.

Momen-momen sederhana ini sering kali menjadi kenangan yang tak terlupakan. Hari Piknik Sedunia bukan hanya sekadar perayaan tahunan, tetapi juga pengingat akan pentingnya menjaga keseimbangan hidup dan menikmati kebersamaan dengan orang-orang terdekat.

Melalui piknik, kita diajak untuk kembali ke alam, melupakan sejenak kesibukan, dan menikmati kebahagiaan sederhana. Jadi, mari kita jadikan Hari Piknik Sedunia sebagai momen untuk menghargai alam dan mempererat hubungan dengan keluarga dan teman-teman. Selamat menikmati hari piknik Anda!

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini