Sukses

Penyembelihan Sapi Kurban dengan Berat Lebih dari 1 Ton di Medan, Begini Bentuknya

Warga di Kota Medan berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, tepat pada Hari Raya Idul Adha 144 5 Hijriah, atau Senin, 17 Juni 2024. Kedatangan mereka untuk menyaksikan langsung penyembelihan hewan kurban.

Liputan6.com, Medan Warga di Kota Medan berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, tepat pada Hari Raya Idul Adha 144 5 Hijriah, atau Senin, 17 Juni 2024. Kedatangan mereka untuk menyaksikan langsung penyembelihan hewan kurban.

Salah satu yang menjadi perhatian warga adalah seekor sapi berbobot lebih dari 1 ton jenis Limosin. Sapi ini merupakan hewan kurban milik Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin. Setelah disembelih, dagingnya dibagikan untuk masyarakat.

Seorang warga, Ilham, yang datang bersama anaknya, mengatakan, sengaja datang ke Masjid Al-Jihad untuk menyaksikan penyembeihan hewan kurban. Kedatangannya karena merasa penasaran.

"Dengar-dengar, ada sapi besar disembelih, makanya saya datang ke mari. Ternyata, ukurannya benar-benar besar," ucap warga Kecamatan Medan Area tersebut.

Warga lainnya, Rudi, mengatakan, kedatangannya juga untuk melihat langsung proses penyembelihan hewan kurban. Bahkan, dirinya begitu antusias untuk datang karena mengetahui ada sapi beruuran besar yang disembelih.

"Saya tanya sana-sini, ternyata di masjid ini ada sapi berat satu ton disembelih, makanya saya kemari bersama keluarga, mau lihat," ungkap Warga Kecamatan Medan Maimun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyembelihan Hewan Kurban

Diketahui, Pemprov Sumut akan menyembelih hewan kurban sebanyak 158 lembu dan 3 ekor kambing, pada Idul Adha 1445 Hijriah.

Hewan tersebut merupakan kurban dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut, yang disebarkan ke 33 kabupaten dan kota.

"Pelaksanaan kurban lancar. Alhamdulillah, tahun ini bisa berkurban. Saya berkurban, dan saya sudah menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya," kata Hassanudin.

Disebutkan Hassanudin, kurban adalah salah satu ibadah umat islam bagi yang mampu. Ia memastikan hewan kurban di Sumut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Karena setiap hewan kurban harus memenuhi syarat dan kualitas kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Cek Kesehatan Hewan Kurban

Diungkapkan Hassanudin, sebelum pelaksanaan kurban, hewan-hewan tersebut sudah dicek kesehatannya. Ada syarat yang harus dipenuhi.

"Jadi, sudah dipastikan hewan-hewan kurban yang ada sehat dan berkualitas," ungkapnya.

Hassanudin menuturkan, hewan kurban miliknya yang disembelih di Masjid Al-Jihad berupa seekor sapi jenis Limosin, yang beratnya lebih dari 1 ton. Hewan kurban itu dibagikan kepada masyarakat sekitar yang dilakukan panitia kurban.

"Kalau sapi Limosin dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diserahkan ke Masjid Perjuangan 45 di Jalan Prof HM Yamin," bebernya.

4 dari 4 halaman

Libatkan 100 Orang

Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Jihad, Wahyudi mengatakan, tahun ini ada 17 ekor sapi dan 50 ekor kambing kurban yang disembelih. Dari jumlah itu, salah satunya milik Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

"Penyembelihan melibatkan sekitar 100 orang. Kita distribusikan ke masyarakat sekitar masjid melalui kupon yang sudah disebar sebanyak 1.850," ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban milik Pj Gubernur Sumut mendapat antusias dari masyarakat setempat. Mereka datang membawa keluarga untuk melihat langsung penyembelihan hewan kurban milik orang nomor satu di Sumut.

Hassanudin terharu tatkala suara takbir berkumandang, mengiringi penyembelihan lembu Limosin kurbannya yang berkulit cokelat tersebut.

Sesekali, Hassanudin memalingkan wajahnya, tidak tega melihat Limosin berbobot gempal disembelih, dan dia pun mengucap syukur kurbannnya terlaksana dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini