Sukses

Simak, Tips Memilih Koper yang Aman untuk Bepergian

Koper merupakan benda yang bermanfaat untuk membawa barang ketika berpergian. Berikut ini tips memilih koper yang aman ketika bepergian.

Liputan6.com, Bandung - Koper merupakan salah satu benda yang cukup dibutuhkan setidaknya di setiap rumah. Diketahui koper adalah wadah atau bagasi yang biasanya digunakan untuk menyimpan atau mengangkut barang-barang terutama untuk perjalanan berhari-hari.

Benda ini menjadi barang yang harus selalu dibawa dan terbuat dari bahan yang kuat seperti plastik keras, kulit, atau bahan lainnya yang melindungi isi koper dari kerusakan. Koper biasanya dilengkapi dengan roda, pegangan, dan kunci untuk memudahkan penggunanya.

Secara fungsinya koper bermanfaat tidak hanya untuk membawa barang tetapi juga memberikan kenyamanan yang efisien dalam perjalanan. Misalnya, membantu membawa barang-barang agar terlindungi karena koper dirancang melindungi barang di dalamnya.

Beberapa bahan koper juga sering dibuat dengan bahan yang aman dari benturan, tekanan, dan segala kondisi cuaca. Biasanya koper terbuat dari bahan keras atau semi-keras yang memberikan perlindungan ekstra terhadap barang-barang yang mudah rusak.

Koper juga biasanya mempunyai bentuk bagian dalam yang lebih baik karena terorganisir untuk segala keperluannya. Seperti tempat yang cocok menyimpan barang kecil dan lain-lain agar barang tersebut tetap rapi.

Saat ini koper tidak hanya membantu mengorganisir barang yang dibawa tetapi juga memberikan kenyamanan dan kemudahan membawa barang. Sebagian besar koper dilengkapi dengan roda dan pegangan yang dapat ditarik.

Hal ini yang memudahkan penggunanya membawa koper tanpa harus mengangkatnya. Sehingga koper sangat berguna terutama ketika berpergian jauh atau melalui bandara dan stasiun yang mempunyai lokasi luas.

Jika kamu telah mengetahui bagaimana fungsi dari koper itu sendiri maka kamu juga perlu memperhatikan cara memilih koper yang aman terutama untuk bepergian. Melansir dari beberapa sumber berkut tips untuk memilih koper yang aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Memilih Koper yang Aman

1. Perhatikan ukuran dan berat koper

Pastikan kamu membeli koper yang memiliki ukuran dan berat sesuai dengan batas berat bagasi yang terdaftar. Biasanya setiap bagasi misalnya bagasi maskapai pesawat mempunyai batas berat yang berbeda-beda.

Kemudian kamu juga harus pandai memperhatikan berapa batas berat yang bisa ditanggung oleh koper tersebut. Terutama ketika memutuskan untuk berlibur pilih koper yang bisa menyesuaikan barang bawaan dengan durasi saat berlibur.

Misalnya ketika hendak bepergian selama dua atau tiga hari kamu bisa membawa koper dengan ukuran sedang. Sementara untuk berlibur dengan waktu lama pilih koper berukuran besar dan pastikan sesuai dengan jumlah bagasi yang didapat ketika penerbangan.

2. Keamanan koper

Selain ukuran dan beratnya pastikan kamu juga memilih koper yang terkenal dengan keamanannya. Pilihlah koper yang mempunyai gembok aman dengan kunci yang khusus sehingga tidak mudah terlepas.

Pastikan juga keamanan koper tersebut sesuai dengan keamanan bandara terutama jika pihak bandara perlu membuka koper yang digunakan sehingga tidak harus dilakukan secara paksa dan justru merusak koper tersebut.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Perhatikan roda koper

Sebagian besar koper mempunyai roda yang membantu penggunanya membawa barang tanpa harus mengangkatnya. Pilihlah koper yang terkenal dengan roda yang kuat dan bisa mengangkat beban besar.

Disarankan untuk memilih koper dengan empat roda sehingga kamu bisa membawa koper tanpa harus memiringkannya terlebih dahulu. Koper juga bisa disimpan dengan aman di sampingmu.

4. Penyimpanan koper

Hal penting yang keempat ketika memilih koper adalah melihat bagaimana penyimpanan koper tersebut. Pilihlah koper yang memiliki kantong internal untuk membantu menyimpan benda kecil tertentu.

Saat ini ada banyak koper yang menyediakan kantong internal mulai dari saku kecil yang terintegrasi dan kompartemen berkantong yang lebih besar sehingga memuat barang lain contohnya laptop.

4 dari 4 halaman

Tips Berikutnya

5. Fitur yang diberikan koper

Beberapa koper biasanya memberikan fitur-fitur menarik yang bisa bermanfaat untuk penggunanya. Misalnya bentuk pegangan yang lebih nyaman digenggam atau fitur penguncian canggih yang aman.

Selain itu koper terkini juga kerap memberikan fitur resleting yang bisa diperluas atau yang baru-baru ini sedang tending adalah fitur koper yang bisa otomatis bergerak tanpa harus dipegang.

6. Pilih warna cerah atau motif yang unik

Selain keamanan dan kenyamanan kita juga bisa memilih koper dengan warna yang cerah atau memiliki motif yang unik. Hal tersebut bisa membantu kita untuk mengambil koper di bagasi.

Warna-warna yang cerah bisa mudah dilihat dan motif yang unik bisa membantu kita untuk membedakan koper kita dengan koper yang lain agar tidak mudah tertukar dengan koper milik orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini