Sukses

Catat, 6 Tempat Wisata Alam Memesona di Ternate

Kota Ternate menyimpan banyak tempat wisata alam yang memesona. Berikut ini adalah enam rekomendasi tempat wisata alam yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Liburan identik dengan momen untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari aktivitas padat di hari-hari biasa. Pada momen berlibur biasanya ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya menikmati wisata alam.

Sebagai informasi berlibur ke alam terbuka bisa memberikan efek yang positif terutama untuk kesehatan mental seseorang. Pasalnya lingkungan alam terbukti bisa mengurangi tingkat stress, kecemasan, hingga depresi.

Keindahan alam dan udaranya yang segar juga memberikan ketenangan dan rasa damai untuk tubuh. Terutama jika aktivitasnya didukung dengan aktivitas santai seperti berjalan-jalan di alam, mendaki gunung, atau menikmati pesona alam lainnya.

Diketahui aktivitas fisik yang dilakukan di alam juga mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh. Misalnya, melakukan hiking, bersepeda, berenang, atau sekadar berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kebugaran fisik dan kekuatan otot.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menikmati momen berlibur dengan mengunjungi wisata alam. Bahkan, di Indonesia sendiri ada banyak daerah yang menyimpan pesona tersembunyi dari alamnya.

Misalnya saja, menikmati wisata alam di Kota Ternate, Maluku Utara yang dikenal memiliki alam indah dan wisata yang bersejarah. Bahkan kota ini juga dijuluki sebagai mutiara terpendam karena menyimpan keindahan alam yang memanjakan mata.

Melansir dari beberapa sumber Kota Ternate dikelilingi oleh kumpulan pulau cantik yang sering jadi incaran wisata para pecinta alam. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata alam menarik yang ada di Ternate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Wisata Alam Mempesona di Ternate

1. Danau Laguna

Danau Laguna dikenal sebagai danau cantik yang memiliki pemandangan alam mempesona. Pasalnya danau ini dekat dengan laut sehingga pemandangannya tidak hanya menampilkan danau tetapi pemandangan laut.

Meskipun lokasi danunya berada di dekat air laut, Danau Laguna masih memiliki air yang tawar seperti danau pada umumnya. Diketahui danau ini tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga menjadi lokasi budidaya ikan air tawar oleh penduduk lokal.

Berdasarkan ulasan di Google Danau Laguna ramai dikunjungi sebagai tempat wisata dan mempunyai rating 4.5 dari total 113 pengguna. Lokasinya berada di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

2. Danau Tolire

Selain Danau Laguna kota ini juga memiliki tempat wisata menarik dan mempesona yaitu Danau Tolire. Diketahui danau ini berada di kaki Gunung Gamalama dan mempunyai pesona alam yang indah.

Diketahui Danau Tolire terbentuk dari letusan Gunung Gamalama pada tahun 1775 sehingga usia danaunya diperkirakan mencapai sekitar 248 tahun. Lokasi danaunya juga terletak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate.

Para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan danau ini bisa berjalan kaki untuk tiba di danau tersebut. Kemudian Danau Tolire berlokasi di Desa Takome, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Batu Angus

Batu Angus merupakan tempat wisata alam yang sangat populer di Ternate dan bahkan dikenal sebagai Taman Geologi Batu Angus. Tempat wisata ini terdiri dari tumpukan bebatuan hitam dari berbagai ukuran dan bentuk.

Bebatuan tersebut bersumber dari lahar panas yang bergerak ke laut dan kemudian membantu usai letusan Gunung Gamalama tahun 1673. Bebatuan ini  menjadi destinasi wisata yang menarik mengingat pesona alam sekitarnya yang cantik.

Melansir dari situs Kemenparekraf bebatuan tersebut juga bahkan disebut mirip batu penyusun candi di Pulau Jawa. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa mendatangi lokasinya di Kulaba, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara.

4. Pulau Maitara

Mengutip dari situs Pemerintah Provinsi Maluku Utara Pulau Maitara mempunyai luas sekitar 14 km2 dengan daya tarik hamparan pantai berpasir putih yang cantik. Sementara terhampar di depannya pesona alam bawah laut yang indah.

Pulau ini bahkan menjadi ikon untuk uang kertas seribu rupiah dan terkenal sebagai tempat wisata. Pulau Maitara juga memiliki fasilitas lain seperti gazebo hingga perahu yang bisa digunakan untuk berwisata.

Diketahui Pulau Maitara bisa dikunjungi sekitar 30 menit menggunakan speedboat dari pulau Ternate. Pulaunya dikenal sebagai pulau kecil yang memesona dan terletak di antara Tidore dan Ternate.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Taman Nukila

Taman nukila merupakan tempat wisata yang populer dikunjungi oleh masyarakat kota Ternate. Pasalnya tempat ini berlokasi di pinggir laut sehingga pemandangan lautnya bisa terlihat dengan jelas.

Tidak sedikit juga areanya sering dijadikan tempat berlari nikmat sambil menikmati pemandangan alam. Tempat ini juga memiliki spot menyelam atau diving cantik untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Taman Nukila berlokasi di Jalan Sultan Muhammad Iskandar Djabir, Ternate Tengah, Maluku Utara.

6. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo merupakan tempat wisata alam cantik yang dikenal dengan air lautnya yang jernih dan hamparan pasir putih yang lembut. Pantai ini mempunyai garis pantai yang pendek.

Meskipun mempunyai garis pantai yang kecil Pantai Jikomalamo terkenal dengan pemandangan laut yang indah. Area lautnya juga disuguhi dengan pemandangan terumbu karang yang cantik.

Berdasarkan ulasan Google tempat ini sering dikunjungi sebagai destinasi wisata dan mempunyai rating 4.6 dari total 2.016 pengguna. Lokasinya berada di Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini