Sukses

Mengintip Ciletuh Hills, Menampilkan Pesona Alam Cantik di Sukabumi

Ciletuh Hills dikenal sebagai tempat staycation yang menyajikan pemandangan alam indah di Sukabumi.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati waktu liburan bisa dilakukan dengan beragam cara salah satunya menikmati keindahan alam sekitar. Di Indonesia sendiri ada banyak tempat wisata alam menarik yang bahkan tidak jauh dari perkotaan.

Salah satunya adalah keindahan alam di kota Sukabumi yang bisa diakses dengan mudah dari Jakarta atau Bandung. Diketahui, di Sukabumi terdapat tempat wisata atau staycation yang menampilkan keindahan alam yang cantik yaitu Ciletuh Hills.

Ciletuh Hills merupakan destinasi wisata yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh dan tempat ini mendapatkan predikat dari UNESCO sebagai Global Geopark. Para pengunjung bisa menginap dan menikmati keindahan alam di sekitar tempatnya.

Daya tarik yang paling populer dari tempat ini adalah pemandangan air terjun di pegunungan yang memesona. Kemudian terdapat keindahan panorama pantai selatan yang bisa dilihat dari ketinggian.

Lengkapnya keindahan alam tersebut menjadikan Ciletuh Hills sebagai destinasi wisata atau staycation menarik saat berlibur. Selain pemandangannya, tempat ini juga memiliki udara yang segar sehingga menenangkan suasana.

Sebagai informasi Ciletuh Hills mempunyai dua tipe penginapan berupa cabin dan lodge. Kemudian pengunjung tidak perlu khawatir terkait makanan karena tempat ini mempunyai kafe dan resto yang juga terbuka untuk umum yang tidak menginap.

Melansir dari media sosial Instagramnya tempat ini juga menyediakan aktivitas outdoor menarik seperti bermain sepeda, trekking, piknik, safari offroad, dan paket wisata lainnya yang disediakan oleh Ciletuh Hills.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute Ciletuh Hills

Ciletuh Hills berlokasi di Jalan Raya Cikanteh No.1, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Wisatawan yang datang dari pusat kota Jakarta bisa menempuh perjalanan sekitar 176,7 km atau dengan waktu 4 jam 49 menit.

Sementara, pengunjung yang datang dari pusat kota Bandung bisa menempuh perjalanan sekitar 193,8 km atau menempuh waktu 6 jam perjalanan. Kemudian wisatawan yang datang dari pusat kota Bogor menempuh jarak 126,2 km atau 4 jam 12 menit perjalanan.

Lokasi Ciletuh Hills sendiri berada di Kabupaten Sukabumi dan dalam kawasan Geopark Ciletuh sehingga wisatawan yang menempuh perjalanan dari kota Sukabumi menempuh jarak 97,3 km atau sekitar 3 jam 1 menit perjalanan.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Ciletuh Hills

Mengutip dari situs resminya Ciletuh Hills berlokasi di jantung Geopark Ciletuh dan mempunyai pemandangan alam mempesona. Terbukti tempatnya meraih predikat UNESCO Global Park karena memiliki potensi Geologi, Hayati, dan Budaya yang menarik.

Kawasan Ciletuh Hills menjadi tempat menginap yang cocok disinggahi untuk berlibur dengan suasana alam yang cantik. Terdapat pemandangan patahan dan lempengan bumi puluhan juta silam yang bisa dilihat dan menyajikan pesona alam yang indah.

Diketahui pemandangan paling menakjubkan di tempat ini adalah penampakan air terjun bertingkat-tingkat, tebing Ciletuh yang megah, dan hutan alami yang rindang nan memesona untuk dilihat.

Kemudian terdapat pemandangan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia dengan penampilan bentangan sawah yang menakjubkan. Tempat ini juga menyediakan paket wisata dengan aktivitas outdoor yang menarik.

4 dari 4 halaman

Aktivitas di Ciletuh Hills

Ciletuh Hills diketahui menyediakan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Aktivitas ini memberikan petualangan menarik terutama sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya.

Berdasarkan informasi dari situs resminya terdapat paket tur dan aktivitas menarik yang bisa disewa seperti berikut:

1. Tur Safari

Ciletuh Hills memberikan beragam paket tur safari menarik yang bisa disewa untuk beberapa peserta. Tur ini mengajak wisatawan berpetualang ke berbagai tempat menarik dan aktivitas yang menyenangkan.

Misalnya salah satu paket menikmati fun offroad yang membawa perjalanan menarik dengan tujuan ke puncak panenjoan, air terjun cikaso, pantai mina jaya, karang gantungan, hingga konservasi kura kura di Pangumbahan.

2. Bersepeda

Melansir dari situs resminya Ciletuh Hills juga menyediakan aktivitas bersepeda dengan paket Ciletuh Hills Circuit Bike. Para pengunjung bisa menikmati alam sekitar dengan bersepeda melalui jalur sawah.

Terdapat pemandangan alam bukit cantik dengan air terjun yang menawan dan pengunjung juga bisa melalui perkampungan homestay yang rapi dan bersih. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman menikmati alam tetapi juga untuk bergerak sehat.

3. Trekking

Bagi wisatawan yang gemar melakukan petualangan trekking terdapat paket trekking menuju beragam air terjun menarik. Mulai dari air terjun cikanteh level satu, air terjun cikanteh level dua, air terjun sodong, air terjun ciateh, hingga air terjun cikawung.

4. Wisata Air

Selain berwisata dengan menikmati air terjun pengunjung juga bisa melakukan aktivitas wisata air berupa snorkeling. Diketahui pantai yang dikunjungi adalah Pulau Lapa Bantal, Kunti Island, dan White Beach.

Pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang indah atau melakukan kegiatan menarik menaiki banana boat watersport.

5. Paralayang

Bagi wisatawan yang gemar melakukan aktivitas menantang seperti paralayang bisa menyewa paket paralayang untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian dengan pemandangan tebingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.