Sukses

Apa itu Pneumothorax? Gangguan Paru-Paru yang Diidap Winter aespa

Penderita pneumothorax biasanya merasakan sejumlah gejala, seperti nyeri dada di salah satu sisi, terutama saat bernapas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Winter aespa absen dari kegiatan grup bersama aespa untuk acara musik Mnet M Countdown. Hal ini disebabkan karena adanya kebakaran kecil di lokasi pre-recording yang berimbas pada kambuhnya pneumothorax yang diidapnya.

Kebakaran itu tepatnya terjadi di studio CJ ENM Center di Sangam, Mapo-gu, Seoul. Kebakaran terjadi karena adanya masalah dalam lokasi syuting. Saat ini, dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

“Selama pre-recording artis untuk M Countdown, terjadi kebakaran ketika percikan api terbang ke lokasi syuting yang terletak di sudut panggung," kata Mnet seperti dikutip dari Soompi.

Api terdeteksi pada tahap awal, sehingga bisa segera padam. Saat peristiwa itu terjadi, para artis dan penonton dievakuasi dari panggung.

Pihak M Countdown mengatakan bahwa semua set diperlakukan sebagai bahan tahan api. Mereka akan memeriksa ulang status pemeliharaan dengan cermat untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Namun, kebakaran tersebut berdampak pada salah satu member aespa, yaitu Winter. Ia yang baru-baru ini menjalani operasi pneumothorax pun harus beristirahat penuh karena gejala pneumothorax dapat muncul kembali dengan mudah.

Menyusul kabar tersebut, agensi SM Entertainment mengatakan bahwa Winter absen dalam siaran langsung pada Kamis lalu karena masalah kesehatan. Agensi memutuskan bahwa Winter membutuhkan istirahat dan stabilitas karena kondisi kesehatannya yang buruk.

Pneumothorax adalah kondisi ketika udara masuk ke dalam rongga pleura yang berada di antara paru-paru dan rongga dada. Hal ini mengakibatkan tekanan pada paru-paru meningkat yang kemudian dapat menyebabkan paru-paru menjadi kolaps sebagian atau seluruhnya. 

Kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera benturan benda tumpul atau komplikasi penyakit paru yang sudah dialami sebelumnya. Pneumothorax adalah kondisi gawat darurat medis, sehingga penderitanya perlu mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin.

Penderita pneumothorax biasanya merasakan sejumlah gejala, seperti nyeri dada di salah satu sisi, terutama saat bernapas. Mereka juga akan mengalami batuk-batuk, detak jantung meningkat, napas cepat, kelelahan, sesak napas, serta kulit, bibir, dan kuku membiru (sianosis).

Terkait kondisi Winter, SM Entertainment saat ini belum bisa memastikan kegiatan jadwal bersama grup. Partisipasi Winter dalam kegiatan terjadwal lainnya akan diputuskan dengan mempertimbangkan status pemulihannya.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.