Sukses

Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum Setiap Akhir Pekan, Bisa Main Sambil Belajar Sejarah

Pendopo Kota Bandung akan dibuka untuk umum, sebagai daya tarik pariwisata dan edukasi sejarah.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung kini akan membuka Pendopo Kota Bandung untuk masyarakat umum setiap akhir pekan. Pembukaan itu akan dimulai pada pekan ini tanggal 11 Mei 2024

Bangunan bersejarah yang terletak di Jalan Dalemkaum No. 56 itu akan dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu sejak pukul 09.00—15.00 WIB. Nantinya, akan ada empat sesi kunjungan, mulai dari pukul 09.00—10.00 WIB, 10.00—11.00 WIB, 13.00—14.00 WIB, dan 14.00—15.00 WIB.

"Kunjungan dibuka pada Sabtu dan Minggu, selama tidak ada kegiatan besar di Pendopo," keterangan Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Syukur Sabar, Jumat, 10 Mei 2024.

Syukur mengatakan, pembukaan pendopo untuk masyarakat umum bertujuan sebagai daya tarik pariwisata serta edukasi sejarah Kota Bandung.

Para wisatawan, katanya, bisa mengunjungi beberapa area di Pendopo dan mempelajari sejarah dari Pendopo, yang telah menjadi bagian melekat dari perjalanan Kota Bandung.

"Bandung ini dikenal lewat sejarah dan juga beberapa gedung heritage-nya. Nah, jadi di sesi kunjungan ke Pendopo ini, nantinya wisatawan akan dipandu oleh tim dari Disbudpar. Nanti akan dijelaskan sejarah mengenai Pendopo dan beberapa ruangan di dalamnya. Sebab ini bagian dari sejarah, sejak zaman Bupati Bandung hingga kini Kota Bandung dipimpin sosok Wali Kota," bebernya.

Syukur berharap, dibukanya Pendopo Kota Bandung untuk kunjungan wisata dapat menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk mengenal Kota Bandung dan sejarahnya.

Syukur menyampaikan, masyarakat yang ingin mengunjungi Pendopo Kota Bandung harus terlebih dulu melakukan reservasi. Masyarakat bisa melakukan reservasi kunjungan melalui situs web https://smartcity.bandung.go.id/form/reservasi-pendopo. Adapun satu sesi kunjungan dapat menampung sekitar 25 orang.

"Ini merupakan kolaborasi dengan Disbudpar dan Diskominfo Kota Bandung. Jadi, masyarakat atau wisatawan bisa mengunjungi Pendopo untuk wisata sejarah Kota Bandung," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini