Sukses

Mengenal Pulau Panjang, Menyimpan Keindahan Laut Memesona

Pulau Panjang merupakan destinasi wisata alam yang bisa dipilih untuk berlibur. Pulaunya terkenal karena memiliki keindahan laut yang cantik dengan pasir putih yang lembut.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati wisata ke sebuah pulau sudah lama menjadi destinasi berlibur yang disukai oleh banyak orang di dunia. Pasalnya pulau yang indah biasanya memiliki pesona alam yang cantik terutama keindahan pantainya yang memikat.

Biasanya pasir pantai yang lembut dengan air laut yang jernih menjadi pemandangan yang tidak ada duanya saat berlibur ke sebuah pulau. Tidak sedikit pohon-pohon yang melambai menjadikan suasana berlibur semakin menyenangkan.

Kemudian seseorang yang menikmati waktu berlibur ke sebuah pulau biasanya ingin mendapatkan suasana santai untuk melepaskan stres dari kehidupan sehari-hari yang sibuk. Saat ini, ada banyak pulau yang memiliki pantai cantik memesona jadi pilihan untuk berlibur.

Misalnya saja, menikmati wisata alam ke Pulau Panjang yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata indah di Jepara. Pulau ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam cantik karena mempunyai pemandangan alam memukau.

Diketahui, Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih dengan air laut dangkal yang jernih. Pulaunya sering jadi pilihan para wisatawan untuk menikmati waktu berlibur terutama bagi wisatawan untuk bisa melepas penat.

Pulau Panjang didominasi oleh hutan tropis yang cantik. Pulau ini juga bisa menjadi tempat wisata religi karena terdapat makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawi seorang tokoh agama Islam yang dikenal sebagai guru besar di wilayah pantai utara Jawa Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Apa Itu Pulau Panjang?

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kabupaten Jepara, Pulau Panjang mempunyai pesona alam yang luar biasa. Pulau ini memiliki mercusuar yang ada di sebelah barat pulaunya dan sebuah dermaga dan masjid pada bagian timurnya.

Sementara, pada bagian tengah pulaunya didominasi oleh hutan tropis yang menjadikan alam sekitar pulau ini kaya akan flora dan fauna. Pulau Panjang mempunyai keindahan alam yang cantik dengan kekayaan budaya yang menarik.

Pulau ini dikelilingi oleh air laut yang jernih dengan pasir pantai putih yang memesona. Diketahui Pulau Panjang mempunyai luas sekitar 19 hektare dan dapat dikunjungi menggunakan kapal wisata.

Secara geografis Pulau Panjang merupakan pulau karang yang wilayahnya berbentuk dataran rendah. Ketinggian permukaan tanah di Pulau Panjang antara 1 hingga 2 meter di atas permukaan laut.

Pulau ini ditumbuhi oleh beberapa tanaman seperti bakau, pinus, randu, putri malu, dan lain-lain. Secara administratif pulau ini termasuk bagian dari wilayah Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Pulau Panjang

Pulau Panjang berlokasi di Ujung Batu I, Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Pulau ini bisa dikunjungi dengan melalui perjalanan kapal dengan waktu tempuh yang cukup panjang.

Diketahui wisatawan yang berkunjung dari pusat Kota Jepara bisa mengunjungi Pantai Kartini terlebih dahulu. Perjalanan dari Alun-Alun Jepara ke Pantai Kartini sendiri menempuh jarak sekitar 3,1 km.

Kemudian dari Pantai Kartini wisatawan bisa mengunjungi Pelabuhan Kartini dan mulai menaik kapal atau perahu wisata. Pada tahun 2023 lalu wisatawan bisa menyewa perahu dengan membayar harga sekitar Rp25 ribu per orang.

Perjalanan menaiki perahu penyeberangan mempunyai estimasi waktu sekitar 20 hingga 30 menit dengan pemandangan laut yang tidak kalah memesona.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Pulau Panjang

Pulau Panjang mempunyai banyak daya tarik yang menjadikan tempat ini populer sebagai destinasi wisata. Salah satunya pesona pasir pantai yang berwarna putih lembut dan berpadu dengan air laut yang jernih.

Ombak di Pulau Panjang juga termasuk dengan jenis ombak yang tenang sehingga para pengunjung bisa bersantai di tepi pantai untuk berjemur atau menikmati pemandangan dengan tenang.

Wisatawan juga bisa menikmati suasana pantai sambil mendirikan kemah di lokasi yang bisa ditempati. Tentunya ketika berkemah para wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang memesona.

Diketahui, untuk menikmati suasana berkemah para pengunjung bisa melakukan reservasi terlebih dulu. Selain berkemah, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas air seperti snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut yang indah.

Pulau Panjang memiliki kekayaan terumbu karang yang mempesona sehingga aktivitas snorkeling sering jadi aktivitas menarik. Kemudian, pulau ini juga mempunyai wisata religi karena terdapat makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawi.

Sosoknya dikenal sebagai tokoh agama Islam dan dikenal sebagai guru besar di wilayah pantai utara Jawa Tengah. Pada bulan tertentu, beberapa peziarah sering mendatangi makamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.