Sukses

Gunung Ruang Erupsi Lagi, Kolom Letusan Capai 3.000 Meter, Muncul Kilatan Petir Vulkanik

Gunung Ruang kembali erupsi pada Rabu malam (17/4/2024), pukul 20.15 WIT.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Ruang kembali erupsi pada Rabu malam (17/4/2024), pukul 20.15 WIT. Laporan yang dikutip dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Ruang teramati mencapai 3.000 meter di atas puncak, atau mencapai 3.725 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu Gunung Ruang teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ruang Julius Rampolii dalam laporan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Letusan eksplosif tersebut memunculkan fenomena alam kilatan petir vulkanik. Pada 16 April 2024, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status dari sebelumnya Normal menjadi Waspada pada Gunung Ruang terhitung sejak pukul 10.00 Wita.

Pada pukul 16.00 Wita masih di tanggal yang sama, PVMBG kembali menaikkan status dari sebelumnya Waspada menjadi Siaga berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik. 

Masyarakat dan wisatawan yang berada di Gunung Ruang diimbau tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Gunung Ruang secara administratif berada di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Gunung berapi aktif tersebut diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.