Sukses

Simak, Berikut Cara Mengatasi Kamera Zoom yang Tidak Berfungsi

Aplikasi Zoom masih menjadi platform konferensi online yang bermanfaat untuk banyak hal. Namun, biasanya beberapa pengguna kerap mengalami masalah pada kameranya karena tidak berfungsi.

Liputan6.com, Bandung - Zoom menjadi salah satu platform yang sering digunakan untuk konferensi video secara daring atau online. Biasanya pengguna zoom melakukan pertemuan melalui video dan audio untuk membantu aktivitas pertemuan di mana saja tanpa khawatir.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2013 aplikasi ini mulai masif digunakan saat dunia dihadapkan dengan pandemi. Setiap pertemuan termasuk meeting atau pembelajaran banyak yang menggunakan aplikasi tersebut.

Saat ini ketika dunia kembali normal aplikasi Zoom masih sering digunakan untuk keperluan banyak hal. Tentunya untuk menggelar pertemuan secara online untuk banyak hal mulai dari kebutuhan kerjaan dan lain-lain.

Biasanya, pengguna zoom diminta untuk hadir secara video dengan menyalakan kamera. Namun, tidak sedikit peristiwa kamera Zoom yang memiliki masalah bahkan tidak mau menyala.

Melalui artikel ini, terdapat beberapa cara atau tips untuk mengatasi kamera Zoom yang tiba-tiba mengalami masalah. Tentunya cara ini untuk memeriksa dan memperbaiki kemungkinan masalah apa yang terjadi pada kamera Zoom para penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kamera Zoom yang Tidak Berfungsi

1. Memastikan pilihan kamera

Sebelum menghadiri konferensi atau pertemuan para pengguna Zoom sangat dianjurkan untuk memeriksa terlebih dahulu pengaturan kamera mereka. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memeriksa pilihan kamera yang digunakan sudah aktif atau belum.

Namun jika pengguna tidak sempat memeriksa di pengaturan dan terlanjur masuk ruangan rapat bisa memilih ikon “panah atas” di sebelah ikon kamera. Jika sudah terbuka pastikan webcam atau kamera yang diinginkan telah terpilih dengan benar.

Kemudian jika pada ikon “kamera” terdapat garis di jendela Zoom maka Anda tinggal mengklik ikon tersebut untuk mengaktifkan kamera.

2. Pastikan kamera terhubung

Pengguna Zoom yang menggunakan kamera atau webcam eksternal di luar komputer atau laptop pribadinya wajib untuk memastikan sambungan kamera tersebut. Hal ini untuk memeriksa apakah kamera tidak menyala karena adanya kerusakan pada kabel atau hal lain.

Biasanya kabel penghubung kamera atau webcam eksternal ada di area port USB sementara untuk kamera nirkabel bisa memeriksa pengaturan Bluetooth atau memastikan kembali baterai perangkat telah terisi daya.

3 dari 3 halaman

Cara Berikutnya

3. Tutup program lain dan cek izin aplikasi

Biasanya kamera Zoom bisa tidak terdeteksi karena ada program lain yang menyala di belakang layar Zoom tersebut. Pastikan ketika menggunakan Zoom untuk menutup program atau perangkat lunak lain agar Zoom tidak bersaing untuk mengakses kamera atau webcam.

Kemudian pengguna Zoom juga harus memeriksa platform yang digunakan apakah aplikasi Zoom memerlukan izin untuk menggunakan kamera tersebut. Jika perlu maka atur pengaturannya agar Zoom bisa mengakses kamera tersebut.

4. Perbarui driver

Jika tidak ada masalah dalam pengaturan Zoom dan perangkat webcam maka hal lain yang harus diperhatikan adalah driver yang digunakan. Biasanya untuk pengguna Windows ada beberapa perangkat yang mungkin perlu untuk menginstal driver baru agar webcam bisa berfungsi.

Sama halnya dengan pengguna Mac, biasanya ada beberapa versi yang harus ditingkatkan agar sistem operasi macOS bisa jadi lebih baru dan pengguna bisa mengakses webcam untuk digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.