Sukses

Puncak Arus Balik Melalui Udara, 20 Ribu Pemudik Tiba di Batam

Puncak arus balik memang secara nasional diprediksi jatuh pada hari Minggu (14/4/2024) H+4, namun untuk Bandara Hang Nadim akan terjadi lonjakan pada Senin (15/4/2024)

Liputan6.com, Batam - Aktivitas arus balik jalur udara melaui Bandara Internasional Hang Nadim, Batam mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya seiring berakhirnya cuti bersama lebaran Idul Fitri 2024

SM Equipment & ICT PT PT Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim Sony Moniaga mengatakan puncak arus balik memang secara nasional diprediksi jatuh pada hari Minggu (14/4/2024) H+4, namun untuk Bandara Hang Nadim akan terjadi lonjakan pada Senin (15/4/2024).

"Kenyataannya arus balik di Hang Nadim diprediksi hari ini, dari permohonan 40 ekstra fligth, pada Minggu hanya 30, sekitar 19 ribuan penumpang, hari ini realisasi dari 40 ekstra fligth meningkat 32," kata Soni kepada Liputan6.com, Senin (15/4/24), di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Oleh sebab itu berdasarkan data table Bandara Hang Nadim diprediksi puncak arus balik puncaknya Senin. Sentara, pada Minggu di angka 19 ribu.

"untuk hari ini mencapai 20 ribuan jumlah arus penumpang ke Batam melaLui Bandra Hang Nadim Batam," ucap dia.

Menurut Sony referensinya dari tahun kemarin punyaknya di angka 20 Ribu H-4 Untuk eskalasi penerbangan waktu berangkat dari 42 terealisasi 40 ekstra flight, sedangkan eskalasi penerbangan untuk arus balik dari 40 penerbangan terealisasi 32 .

"Perbedaanya perubahan tipe pesawat kalau pas mudik jenis pesawat tipe kecil, sedang arus balik pesawat yang digunakan tipe pesawat lebih besar sehingga penerbangan sedikit kapasitas penumpang lebih banyak," ucapnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbandingan dengan Lebaran 2023

Untuk perbandingan, sejak dibukanya posko sejak tanggal (3/4/24) arus mudik/balik dibandingkan dengan tahun kemarin, arus balik ini meningkat sekitar 17 persen (yang arus balik) di tahun kemarin perbandingannya di hari yang sama per harinya dari 13 ribu naik menjadi 19 ribu.

Selain itu tren perbandingan arus mudik dan balik tahun lalu untuk penumpangnya hampir sama fifty-fifty hanya bagasinya tahun lalu lebih banyak dengan sekarang. Sebab, mudik tahun lalu banyak yang pulang habis, sedangkan tahun yang mudik liburan lebaran.

Tren yang mendominasi arus mudik dan balik 70 persen ke pulau Jawa. Sisanya Sumatera, kecuali tahun baru dan Natal.

Sebelumnya pada tanggal 13 dan 14 April 2024, sudah ada 185.464 penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Sementara total penerbangan sebanyak 1.308 flight.

Kunjungan penumpang terbesar, terjadi pada rute penerbangan Bandara Soekarno Hatta Jakarta, kemudian Medan dan Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.