Sukses

Resep dan Cara Menggoreng Bakwan Jagung Agar Renyah

Bakwan jagung merupakan makanan Indonesia yang disukai banyak masyarakat. Berikut ini resep dan cara menggoreng bakwan jagung agar terasa renyah.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki banyak hidangan populer yang menggugah selera mulai dari makanan berat hingga camilan. Salah satu makanan populer yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah bakwan jagung.

Bakwan jagung atau dikenal juga dengan nama perkedel jagung merupakan makanan yang berbahan dasar jagung. Makanan ini bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia karena mempunyai proses pembuatan yang cukup mudah.

Bahan membuat bakwan jagung juga bisa ditemui dengan mudah di warung, pasar, atau supermarket modern. Diketahui bakwan jagung terdiri dari tepung terigu, jagung, hingga bahan lainnya yang membuat adonan jagung renyah dengan rasa yang menggugah selera.

Rasa dari bakwan jagung identik dengan rasa jagung manis yang gurih dari rempah-rempah khas Indonesia. Biasanya bakwan jagung dikonsumsi sebagai camilan atau teman makan bersama nasi.

Bakwan jagung juga nikmati dikonsumsi bersama sambal pedas atau campuran rempah dari bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Teksturnya yang renyah juga membuat bakwan jagung nikmat dikonsumsi sebagai cemilan atau menu pendamping.

Sebagai informasi bakwan jagung bisa dibeli dengan mudah di beberapa tempat termasuk di antaranya warung kaki lima, restoran, bahkan pasar tradisional. Makanan ini juga memiliki harga yang terjangkau sehingga jadi camilan favorit banyak masyarakat.

Kemudian bagi masyarakat yang ingin membuat bakwan jagung sendiri bisa mengikuti resep dan cara dalam artikel ini. Melansir dari beberapa sumber ada beberapa cara dan tips untuk membuat bakwan jagung jadi camilan yang renyah dan nikmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Bakwan Jagung

Melalui resep dalam buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Sajian Bakwan & Perkedel” karya Lilly T. Erwin. Berikut ini resep untuk membuat bakwan jagung dengan rasa yang renyah dan gurih.

Bahan Utama:

  • 250 jagung segar.
  • 100 gram tepung terigu.
  • 1 butir telur ayam.
  • 100 ml santan cair.
  • 1 buah cabai merah yang telah diiris tipis.
  • 1 sdm daun seledri yang telah diiris.
  • 1 sdm gula pasir.
  • irisan cabai (opsional)
  • minyak secukupnya untuk proses menggoreng.

Bahan Bumbu Halus:

  • 2 sdm bawang merah yang telah diiris.
  • 1 sdm bawang putih yang telah diiris.
  • 1 sdt ketumbar.
  • 1 sdt garam.
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Bakwan Jagung

Setelah bahan-bahan sudah tersedia tips pertama agar bakwan jagung bisa terasa renyah pastikan adonan bakwan jagung terendam sepenuhnya dalam minyak. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat bakwan goreng:

1. Campurkan jagung bersama tepung terigu, telur ayam, santan, cabai, daun seledri, gula pasir, dan bumbu halus.

2. Jika sudah tercampur aduk seluruh bahan secara merata.

3. Panaskan wajan yang telah diberi minyak goreng untuk menggoreng bakwan jagung.

4. Ketika memanaskan wajan gunakan api sedang jangan terlalu besar.

5. Setelah minyak terasa panas tuang adonan bakwan jagung sesuai selera.

6. Diamkan adonan bakwan hingga setengah kering untuk kemudian di balik.

7. Jika sudah di balik diamkan kembali adonan bakwan hingga berwarna kuning kecoklatan.

8. Ketika bakwan sudah matang merata angkat adonan tersebut.

9. Bakwan bisa disajikan selagi hangat sebagai cemilan atau lauk makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.