Sukses

Safari Ramadan, Ma’ruf Amin Salat Isya dan Tarawih di Masjid Tertua di Manado

Wapres salat Isya dan Tarawih berjemaah di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, yang merupakan masjid tertua di Manado. Di masjid yang berkapasitas 5.000 jemaah ini, Wapres juga sempat menyampaikan tausiyah sebelum salat Tarawih.

Liputan6.com, Manado - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dan Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin mengakhiri safari Ramadan di daerah-daerah dengan mengunjungi Kota Manado, Sulut, pada Rabu (3/4/2024). Sekitar pukul 19.09 Wita Wapres RI dan Ibu Hj Wury tiba di masjid dan disambut langsung oleh Ketua Badan Takmir Masjid/Keimaman Masjid Ustadz Abdullah Dien.

Wapres melakukan salat Isya dan Tarawih berjemaah di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, yang merupakan masjid tertua di Manado. Di masjid yang berkapasitas 5.000 jemaah ini, Wapres juga sempat menyampaikan tausiyah sebelum salat Tarawih. Salat Isya dan Tarawih berjemaah tersebut diimami oleh Ustaz Munawir Lasama.

“Kami sangat senang bisa bertemu dan mendengar langsung tausiah dari KH Ma’ruf Amin,” ujar Ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur.

Diketahui, sejarah masuknya agama Islam di ujung Utara Indonesia, khususnya di wilayah Manado, tidak lepas dari sejarah berdirinya Masjid Agung Awwal Fathul Mubien pada tahun 1770. Berdiri di tanah seluas 1.000 meter persegi, masjid tertua di Kota Manado ini memiliki luas bangunan 672 meter persegi. Dengan bangunan bertingkat tiga, Masjid Agung Awwal Fathul Mubien diperkirakan dapat menampung hingga 5.000 jemaah.

Masjid yang secara fisik bangunannya sudah mengalami enam kali renovasi ini, konon dibangun oleh para pedagang muslim dari Arab dan tanah Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan Menteri Agama yang hingga saat ini masih tersimpan dengan baik.

Selain menjadi masjid tertua di Manado, Masjid Agung Awwal Fathul Mubien ini juga memiliki keunikan lain yakni mempunyai mimbar yang berusia ratusan tahun, serta sumur tua yang airnya tidak pernah kering.

Sebagaimana layaknya masjid besar di daerah lain, saat bulan Ramadan, Masjid Agung Awwal Fathul Mubien juga rutin menyelenggarakan buka puasa bersama yang terbuka untuk masyarakat umum.

“Ini sudah menjadi tradisi Jemaah Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, yakni berbuka puasa dengan masyarakat umum,” ujar Zulkifli, salah satu warga Kecamatan Tuminnting, Kota Manado.

Kedatangan Wapres RI ke Sulut kali ini disambut Gubernur Olly Dondokambey dan jajaran Forkopimda. Wapres beserta Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulut, pada Rabu (03/04/2024) sekitar pukul pukul 15.30 Wita.

Wapres dan Ibu Wury akan melakukan kunjungan kerja di Sulut selama dua hari hingga, Kamis (4/4/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.