Sukses

Sahur Bareng Nugget Ikan Kembung Karya Mahasiswa UNY

Mahasiswa UNY berhasil membuat resep nugget ikan yang bakal disukai anak-anak, bahkan bagi mereka yang tak suka makan ikan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ikan kembung biasanya hanya dimasak atau digoreng untuk sajian makanan seperti sahur atau berbuka puasa. Mahasiswa KKN Vokasi UNY di Terbah, Pengasih, Wates, Kulonprogo membuat nugget ikan kembung dan membagikan caranya kepada masyarakat sekitar.

Mahasiswa yang terdiri dari Galih Sakti Bayu Gumelar, Cantik Berlian Arbilia Prawoto, Davita, Ihsanti Mufaida Putri, Pramita Nur Fitriana, Risna Pebrina Alisya, Rr. Devi Hapsari Artemisia, Selvi Rofifah dan Tiara Mulyaningrum. Ketua KKN Vokasi Terbah Galih Sakti Bayu Gumelar mengatakan pemilihan ikan kembung menjadi nugget ini sebagai pilihan cara agar anak anak menyukai makan ikan.  

“Ikan kembung itu kami olah sedemikian rupa hingga menjadi makanan kekinian,” ujar Galih, Selasa  5 Maret 2024.  

Penanggung Jawab pembuatan nugget ikan kembung, Ihsanti Mufaida Putri menjelaskan bahan yang dibutuhkan membuat nugget ikan kembung yaitu 8 ekor ikan kembung (fillet), 2 buah wortel ukuran kecil, 1 batang daun bawang, 4 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 1 butir telur, 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, garam ½ sdm, kaldu jamur 1 sdt, lada dan baking powder secukupnya.

 “Cara membuatnya pertama kali goreng bawang merah dan bawang putih,” katanya.

 Proses selanjutnya pembuatan nugget ikan kembung adalah masukkan ikan, bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng, wortel parut, daun bawang, tepung terigu, tepung tapioka, telur, kaldu jamur, garam, lada dan baking powder kedalam chopper. setelah itu haluskan. Adonan kemudian dituang ke loyang yang sudah dioles dengan minyak dan kukus selama 25 menit.

 "Setelah itu potong-potong nugget ikan dan celupkan ke adonan basah berupa tepung dan air. Masukkan ke tepung roti dan goreng sampai matang. Hidangan nugget ikan kembung siap disajikan." 

Selvi Rofifah mengatakan pemilihan ikan kembung untuk pembuatan nuggget karena ikan kembung memiliki manfaat yang sama dengan salmon. Ikan kembung kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak dan mengandung  protein tinggi serta berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

 “Ikan kembung juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, mendukung daya tahan tubuh serta sebagai asupan tambahan energi,” tutup mahasiswa D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY tersebut.

Ibu Kardi salah satu warga Terbah,mengaku senang dan terbantu dalam pelatihan pembuatan nugget ikan kembung ini.

 “Saya akan langsung membuatnya dirumah sebagai stok camilan” ungkapnya. Secara umum rasa nuggetnya enak dan nikmat, apalagi selama ini jarang ada pelatihan tentang pengolahan ikan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.