Sukses

Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Sebagian Besar Wilayah Sulut

Dia mengungkapkan, di tanggal 25 Maret 2024, wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro berpotensi cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem pada beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada tanggal 26-28 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada Senin (25/3/2024).

Dia mengatakan sebagian besar kabupaten dan kota di Sulut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang data disertai petir dan angin kencang.

Dia berharap, warga berhati-hati bila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem karena berpotensi bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

"BMKG akan memutakhirkan data dan informasi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal yang terverifikasi," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada tanggal 25 Maret 2024, wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro berpotensi cuaca ekstrem.

Pada hari berikutnya, diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sementara pada tanggal 27 Maret 2024, wilayah-wilayah berpotensi cuaca ekstrem meliputi Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Untuk itu kami mengingatkan warga agar mewaspadai dampak cuaca esktrem ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Sulut

Video Terkini