Sukses

Anugerah BUMN 2024: Pentingnya Inovasi Bagi Perusahaan Pelat Merah

Inovasi dan transformasi sangat penting bagi perusahaan di era industri 4.0.

Liputan6.com, Jakarta - Survei PwC's 27th Annual Global CEO Survey menunjukkan bahwa 45% CEO percaya bahwa perusahaan mereka tidak akan dapat bertahan jika tetap berjalan dengan cara-cara lama. Hal ini menunjukkan pentingnya reinventing atau transformasi bagi perusahaan terutama di era Industri 4.0. Business Reinvention merupakan sebuah terobosan untuk mendorong kembali perusahaan dalam hal ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke fase business cycle baru yang dapat mengoptimalisasi peluang bisnis industri 4.0.

Beberapa contoh Reinvention Actions yang dapat dilakukan di antaranya mengembangkan budaya inovasi, mengadopsi teknologi baru, membangun partnerships serta mengembangkan talenta agar dapat beradaptasi dengan perubahan.

Untuk itu BUMN Track didukung PPM Manajemen kembali menggelar Anugerah BUMN 2024 tahun ke-13 sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Anugerah BUMN 2024 mengangkat tema “Bisnis Reinvention untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industry 4.0”.

Terdapat tujuh kategori penilaian perusahaan, yakni Strategi Pertumbuhan, Transformasi Digital, Transformasi Organisasi, Inovasi Bisnis, Tata Kelola Perusahaan, Pengembangan Talenta&SDM Unggul serta Program Pengembangan UMKM. Sementara itu terdapat empat kategori penilaian CEO yakni Visioner, Leading Change & Innovation, Driving Excecution dan Talent Development.

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2024 sekaligus Menteri BUMN pertama Tanri Abeng mengatakan, perkembangan BUMN khususnya dalam 3 tahun terakhir terus meningkat baik dari sisi profitabilitas maupun solvabilitas.

“Salah satu faktor penyebabnya adalah penerapan governance system di BUMN yang sangat ketat dan pengelolaan risk management yang baik. Yang tak kalah penting, Kementerian BUMN sudah menata BUMN sesuai dengan roadmap yang 25 lalu sudah kita kembangkan,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan kinerja BUMN senantiasa relevan dengan tema yang diangkat dalam Anugerah BUMN. Dus, kategori penilaian BUMN dilihat dari berbagain aspek, mulai dari strategi, governance, serta pengembangan talenta.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kinerja BUMN

Sementara itu, CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, sebanyak 105 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2024. Jumlah ini mengerucut menjadi 86 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi. Sementara itu, sebanyak 42 Direktur Utama BUMN dan Anak Perusahaan BUMN masuk tahap seleksi wawancara CEO sekaligus di penjurian tahap ketiga.

“Melalui ajang Anugerah BUMN 2024, BUMN Track sebagai media yang sudah terverifikasi Dewan Pers turut berperan mengkomunikasikan kinerja positif BUMN baik dari sisi strategi transformasi, inovasi, pengelolaan talent, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM,” ungkap SH Sutarto.

Adapun sederet nama-nama Direktur Utama BUMN terpilih menjadi CEO terbaik dalam ajang Anugerah BUMN 2024. Di antaranya, pemenang The Best CEO Visionary Leadership diraih oleh Rahmad Pribadi selaku Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero). The Best CEO Leading Change & Innovation diraih oleh Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Len Industri (Persero)/Defend ID.

Selanjutnya, kategori The Best CEO Driving Execution diraih oleh Edi Witjara selaku Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Sementara itu, peraih The Best CEO Talent Development adalah Fahmi Hidayat selaku Direktur Utama Perum Jasa Tirta I.

3 dari 3 halaman

Kategori Anak Perusahaan BUMN

Pada kategori The Best CEO Anak Perusahaan BUMN, The Best CEO Visionary Leadership diraih oleh Budi Wahju Soesilo selaku Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur. Kemudian, kategori The Best CEO Leading Change & Innovation diraih Cornelis Radjawane sebagai Direktur Utama PT Garuda Daya Pratama Sejahtera.

Selanjutnya, CEO Diriving Excecution diraih Abdul Haris selaku Direktur Utama PT Asuransi Jasaraharja Putera. Peraih The Best CEO Talent Development adalah Budi Satria Dharma Purba yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin).

Sementara itu dalam kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk, The Best CEO Visionary Leadership diraih oleh Arief Setiawan Handoko selaku Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. Peraih The Best CEO Leading Change & Innovation adalah Nixon LP Napitupulu selaku Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kemudian, The Best CEO Driving Execution diraih oleh I Gede Upeksa Negara sebagai Direktur Utama PT PP Presisi, Tbk.

Tahap seleksi Anugerah BUMN 2024 diawali dengan penilaian dokumen atau data pendukung. Tahap kedua berupa sesi presentasi secara online oleh wakil perusahaan yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama.

Sedangkan tahap ketiga berupa presentasi CEO yang dinyatakan lolos seleksi tahap dua. Proses penjurian berlangsung selama dua pekan, yakni sejak 20 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024.

BUMN Track selaku penyelenggara Anugerah BUMN memegang teguh komitmen dalam menjaga kredibilitas. Didukung tim penilaian oleh PPM Manajemen, Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi dan media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.