Sukses

5 Amalan Baik Saat Ramadan, Bisa Dilakukan di Rumah

Ramadan adalah bulan suci dalam agama Islam yang bisa diisi dengan ibadah, introspeksi diri, dan pengorbanan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Hal itu lantaran bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an. Yang kedua, di antara keutamaan Ramadan, yaitu amal saleh yang berlipat ganda.

Seperti yang disebutkan dalam Q.S Al-Baqorah 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa amalan baik yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan :

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Tujuan dari menyegerakan berbuka puasa selain dianjurkan adalah agar tidak mengganggu kesehatan setelah sekian lama perut tidak diisi dengan makanan dan minuman apapun.

Hal ini pernah dikatakan oleh Imam Al-Muhallib, Hikmah dari menyegerakan berbuka puasa adalah agar orang yang berpuasa itu tidak semakin berat dengan menahan lapar lebih lama.

Jadi, amalan baik yang pertama dapat anda lakukan adalah menyegarakan berbuka puasa. Amalan ini sangat mudah sekali dilakukan bagi umat muslim.

2. Membaca Al-Qur'an

Selain alquran wajib dibaca oleh umat muslim, membacanya saat bulan Ramadan bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Membaca satu huruf dalam Al-Qur'an nantinya akan mendapatkan satu kebaikan. Bacalah Al-Qur'an setelah melaksanakan salat 5 waktu selama bulan Ramadan atau pilih waktu yang tepat untuk membacanya.

3. Sedekah

Amalan baik selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu bersedekah. Bersedekah tidak akan membuat kita miskin.

Bersedekah yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan adalah memberi makanan dan minuman bagi orang yang berpuasa. Pahala yang kita dapat sama dengan pahala puasa orang yang disedekahkan.

4. Beribadah di malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam ini pahala kita akan dilipatgandakan dari pada malam yang lainnya.

Beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk menambah pahala kita adalah iktikaf, membaca doa, mendirikan salat, membaca selawat nabi, membaca Al-Qur'an, dan memperbanyak zikir.

5. Menjaga Ucapan

Terakhir, amalan baik yang dapat dilakukan yaitu menjaga ucapan kita. Hal itu tertuang dalam hadis riwayat Bukhari.

Rasulullah berkata: “Orang yang tidak menjauhi perkataan dusta dan mengamalkan dusta, maka tak ada hajat bagi Allah untuk menilai ibadah puasanya, meskipun ia bersusah payah menjauhi makanan dan minuman” (HR. Bukhari).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini