Sukses

Trik Jitu Biar Tidak Gampang Lemas saat Puasa Ramadan

Untuk mengatasi lemas dan merasa tidak bertenaga saat puasa, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti

Liputan6.com, Jakarta - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia sebagai bentuk pengendalian diri dan penghormatan kepada Allah.

Namun, bagi beberapa orang, terutama di daerah yang iklimnya panas atau bagi yang memiliki rutinitas fisik yang berat, menjaga stamina selama puasa bisa menjadi tantangan.

Untuk membantu Anda menjalani puasa dengan lebih nyaman dan tanpa merasa lemas, berikut adalah beberapa trik jitu yang dapat Anda terapkan:

1. Cukupi kebutuhan air

Salah satu penyebab tubuh lemas adalah dehidrasi. Oleh sebab itu, selalu pastikan diri untuk mencukupi kebutuhan air, baik saat sahur maupun berbuka.

Namun, meminum air dalam satu waktu dapat menyebabkan kembung. Jadi, pakailah pola 2-4-2 yakni, dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang malam serta dua gelas saat sahur.

Dengan menggunakan pola tersebut, maka kebutuhan air anda saat puasa dapat terpenuhi.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Makanan manis cenderung memiliki indeks glikemik tinggi, akibatnya dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan menurunkan lagi secara drastis. Hal tersebut bisa membuat anda kelelahan serta mengalami penurunan energi selama berpuasa.

Oleh sebab itu, batasilah mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Disarankan saat berpuasa memilih asupan manis yang bergizi seperti kurma dan buah-buahan segar yang mengandung serat.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Atur Pola Tidur

Mengatur pola tidur yang baik akan memberikan anda dampak yang baik pula. Salah satu dampaknya akan menghindari tubuh anda lemas saat berpuasa.

Saat puasa pada bulan Ramadan, hindarilah begadang dan usahakan tidur tidak kurang selama 4 jam setiap malamnya. Sisihkan juga waktu untuk tidur siang maksimal 20 menit agar badan tetap fit meski tengah berpuasa.

4. Olahraga Secara Rutin

Keuntungan dari olahraga sangat banyak bagi kesehatan. Olahraga mampu membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien untuk memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Saat berpuasa, lakukan olahraga yang memiliki intensitas sedang saja kurang lebih 30 hingga 60 menit. Menjelang berbuka, usahakan melakukan olahraga, setelah berbuka hingga sebelum tidur. Tujuannya agar badan anda tidak lemas saat menjalani puasa.

5. Konsumsi Suplemen

Jika sudah mengikuti beberapa tips di atas dan badan anda masih saja lemas, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen.

Terkadang, saat berpuasa asupan nutrisi tidak tercukupi. Maka, konsumsilah suplemen agar bisa mencukupi asupan nutrisi anda yang kurang saat berpuasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.