Sukses

MIND ID Sabet Penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN

MIND ID berhasil menyabet penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir, Kamis (7/3/2024).

 

Liputan6.com, Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menerima penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir atas aksi korporasi di sektor pertambangan. Penghargaan ini diberikan pada Awarding Night BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika secara simbolis menerima penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir. Pencapaian ini menjadi motivasi bagi grup MIND ID untuk turut menggerakan masa depan menuju Indonesia Emas melalui berbagai aksi korporasi di sektor pertambangan.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri BUMN Erick Thohir atas penghargaan Best Corporate Action Handling yang telah diberikan. Penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi perusahaan dan merupakan hasil atas usaha serta kerja keras seluruh komunikasi korporat perusahaan dalam mengelola komunikasi dan informasi yang baik sehingga percepatan penyebaran informasi dapat dilakukan secara masif,” kata Selly.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BCOMSS menjadi upaya untuk mendorong keterbukaan informasi perusahaan BUMN. Menurut dia, perusahaan BUMN kini semakin transparan terbukti dari jumlah pemberitaan perusahaan BUMN yang pada 2021 hanya berjumlah sekitar 600 ribu sedangkan di 2023 jumlahnya hampir mencapai 1,5 juta.

“Keterbukaan informasi ini bagian dari penataan yang coba kita terus dorong untuk bisa berlaku di semua BUMN. Dan hari ini bisa kita saksikan banyak perusahaan BUMN yang terus bermigrasi untuk kebaikan. Artinya, terus membuka diri,” kata Erick.

Erick menyampaikan, keterbukaan informasi terus dilakukan BUMN sebagai upaya melakukan kebaikan dan membuka diri kepada publik.

“Semua isu yang ada kami buka, karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab publik. Terima kasih kepada dewan juri, yang telah melihat perubahan demi perubahan yang telah dilakukan oleh BUMN,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Kementerian BUMN

BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 adalah sebuah ajang kompetisi di bidang komunikasi korporat dan program keberlanjutan bagi semua perusahaan BUMN.

Kegiatan BCOMSS merupakan apresiasi dari Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN, sehingga menjadi standar dan benchmark relevan bagi seluruh BUMN termasuk anak perusahaannya.

Terkait aksi korporasi, Holding Industri Pertambangan atau MIND ID resmi memiliki nama usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) usai melakukan pemisahan (split-off) dari PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum. Sejak 2017, Inalum melakukan dua fungsi korporasi, yakni sebagai holding dan operasional peleburan aluminium.

Dengan transformasi ini, MIND ID berperan sebagai strategic holding company dan fokus pada peningkatan efektifitas dari kegiatan-kegiatan strategis dan fokus pada efisiensi dan meningkatkan nilai tambah antar anggota holding. Sementara Inalum akan fokus pada pengembangan hilirisasi aluminium nasional.

Pemisahan entitas bisnis MIND ID dan Inalum dapat meningkatkan kinerja investasi dan operasi hulu tambang di dalam negeri. Khususnya pengolahan lebih lanjut bauksit menjadi alumina hingga aluminium yang diserahkan kepada Inalum.

Penandatanganan dokumen transformasi MIND ID - Inalum dilakukan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta Selasa (21/3/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.