Sukses

Sambut Bulan Ramadan, Berikut Rekomendasi Wisata Religi di Bandung

Melakukan wisata religi bagi sebagian orang menjadi kesempatan baik dalam memperdalam keagamaannya. Berikut ini adalah beberapa wisata religi di Bandung yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat dinantikan oleh para umat muslim di seluruh dunia. Pada momen ini kita mendapatkan kesempatan untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tentunya di bulan suci ini para umat muslim bisa melaksanakan berbagai kegiatan spiritual yang bisa menambah amal baik. Misalnya dengan menjalankan ibadah termasuk ibadah sunah, berbuat baik, atau menghabiskan waktu dengan wisata religi.

Saat ini ada banyak tempat-tempat wisata religi di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh umat muslim. Namun artikel ini akan membahas tentang tempat wisata religi di Bandung yang bisa menjadi destinasi wisata religi terutama memperdalam diri pada agama.

Diketahui wisata religi mengajak kita untuk memperdalam diri dengan Allah SWT dan memberikan kita kesempatan dalam mengunjungi tempat-tempat ibadah yang ada. Ketika mengunjungi tempat ibadah tersebut kita bisa beribadah dengan khusyuk.

Di Bandung terdapat beberapa tempat ibadah populer yang tidak hanya megah karena arsitekturnya tetapi juga sering menjadi tempat acara keagamaan. Beberapa masjid bahkan memiliki jadwal acara keagamaan yang bisa memperdalam kita kepada Islam.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah rangkuman beberapa tempat wisata religi yang ada di Bandung.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Bandung

1. Masjid Al Jabbar

Masjid Al Jabbar termasuk dalam masjid baru di Bandung yang mempunyai desain arsitektur sangat megah. Masjid ini berdiri di atas danau buatan Embung Gedebage dan memiliki luas sekitar 7,2 hektar.

Masjid Al Jabbar berlokasi di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung. Pengunjung bisa mendatangi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum karena dekat dengan stasiun kereta.

2. Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad merupakan salah satu masjid dengan desain arsitektur unik karena memiliki kubah. Tempat ini memiliki luas 1.871 meter persegi dan didominasi dengan warna abu-abu pada bangunannya.

Masjid ini juga diterangi oleh 99 lampu yang menggambarkan 99 Asmaul Husna dan terdapat bola besar hitam berlafalkan Allah di depan mihrab masjidnya. Bola ini juga terlihat seolah ada di atas air.

Lokasi Masjid Al-Irsyad Bandung ada di Jl. Parahyangan Raya, Cipeundeuy, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini juga memiliki jadwal rutin terkait kajian yang dibagikan di media sosialnya.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Bandung

3. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung adalah salah satu masjid megah yang berlokasi di tengah-tengah kota Bandung. Masjid ini menjadi tempat ibadah yang dikunjungi oleh seluruh wisatawan baik warga lokal dan warga luar Bandung.

Lokasinya yang berada di Alun-Alun Kota Bandung menjadikan Masjid ini selalu ramai dikunjungi. Kemudian Masjid Raya Bandung telah berdiri sejak tahun 1810 dan dapat menampung sekitar 18.000 jamaah.

Saat ini Masjid Raya Bandung telah direnovasi dan memiliki desain yang nyaman bagi masyarakat. Lokasi Masjid Raya Bandung berada di Jl. Dalem Kaum Nomor 14, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Masjid Pusdai

Masjid Pusdai merupakan masjid di Bandung yang memiliki desain arsitektur bergaya Timur Tengah dan Turki. Melansir dari situs resminya masjid ini memiliki menara yang menyimbolkan soal keesaan Tuhan.

Tempat ibadah ini berdiri di lahan seluas 45.000 meter persegi dan bangunannya terdiri dari dua lantai. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro No.63, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Bandung

5. Masjid Salman ITB

Masjid Salman ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan tempat ibadah yang berlokasi di kampus ITB. Masjid ini memiliki desain arsitektur modern yang berpadu dengan elemen tradisional.

Melansir dari situs resminya masjid ini sering menggelar acara keagamaan dan sering dikunjungi oleh para pemuda terutama anak-anak muda Bandung. Lokasi Masjid Salman ITB ada di Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No.7, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid Agung Trans Studio Bandung merupakan masjid yang berlokasi di tengah-tengah pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi. Masjid ini memiliki luas 4.000 meter persegi dengan gaya Timur Tengah.

Masjid ini telah berdiri dan diresmikan sejak 2015 lalu dan sering digunakan sebagai tempat acara keagamaan besar di Bandung. Lokasinya berada di Pusat Terpadu Transtudio, Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.