Sukses

5 Wisata Religi di Padang Pariaman yang Wajib Masuk List

Wisata religi, bagi sebagian wisatawan merupakan perjalanan spiritual yang akan bermakna untuk dilakukan.

Liputan6.com, Padang - Selain terkenal dengan wisata alamnya, Sumatera Barat juga terkenal dengan wisata religi. Di Kabupaten Padang Pariaman, terdapat sejumlah destinasi wisata religi yang cocok untuk wisatawan yang tertarik mempelajari perkembangan Islam di Minangkabau.

Selain itu ada banyak cagar budaya religi di Padang pariaman, seperti Makam Syekh Burhanuddin di Ulakan Tapakis dan Surau Atok Ijuak di Kayu Tanam.

Beberapa tempat wisata religi di Pariaman yang dapat kamu kunjungi di antaranya:

1. Makam Syekh Burhanuddin di Ulakan Tapakis

Dilansir dari beberapa sumber, Makam Syekh Burhanuddin merupakan salah satu destinasi wisata religi yang bisa anda kunjungi.

Diceritakan bahwa Syekh Burhanuddin semasa hidupnya adalah seorang ulama besar dan berpengaruh di Minangkabau. Ia dahulunya menyebarkan ajaran agama Islam di Minangkabau pasca menimba ilmu di Aceh.

2. Masjid Syekh Burhanuddin

Masjid ini merupakan pusat penyebaran agama Islam di Sumatera Barat. Kala itu, Syekch Burhanuddin mendidik para santri agar bisa menyebarkan dakwah ke seluruh penjuru Minangkabau di masjid ini.

Masjid ini sekaligus cagar budaya di Sumatera Barat. Masjid ini terletak di Nagari Ulakan, kecamatan Ulakan Tapakis, kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Surau Atok Ijuak

Surau ini terletak di Korong Pauh, Nagari Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. Secara umum, surau ini terbuat dari kayu, kecuali atap yang terbuat dari ijuk. Surau ini berdiri sejak tahun 1700an.

Masjid ini memiliki arsitektur tradisional masih tetap melekat meskipun berusia telah ratusan tahun. Selain masih menggunakan papan dan tanpa paku, juga tiang-tiang yang ada masih tetap menggunakan kayu.

Bahkan atapnya juga masih menggunakan ijuk atau serabut pohon enau. Konon, usia masjid ini berkisar 5 abad. Tentunya, akan banyak nilai sejarah dan religinya.

4. Masjid Raya Kurai Taji

Wisata religi selanjutnya yang berada di Padang Pariaman adalah MAsjid Raya Kurai Taji. Masjid ini dahulunya dibangun oleh masyarakat Nagari Padusunan sejak tahun 1900an.

Masjid bersejarah ini berlokasi di Desa Batu Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

5. Masjid Raya Padusunan

Di Desa Kampung Gadang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Paraman ada sebuah masjid bersejarah yang sudah dibangun sejak awal abad ke-20.

Masjid ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Berkunjung ke masjid ini akan memberi pengalaman wisata sejarah yang tak terlupakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.