Sukses

Simak, Tips Mudah Menghilangkan Komedo Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Komedo seringkali menjadi masalah kulit yang mengganggu bagi banyak orang. Komedo adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan orang dewasa muda.

Dirangkum dari berbagai sumber, komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Meskipun tidak berbahaya secara medis, komedo dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Komedo adalah tipe dari kondisi penyumbatan pori-pori kulit yang disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di dalam folikel rambut.

Istilah ini berasal dari bahasa Latin comedo, yang artinya makanan atau konsumsi. Ini merujuk pada materi putih yang muncul pada ujung pori-pori yang tersumbat, yang terlihat seperti biji jagung.

Komedo seringkali terjadi pada orang dengan kulit berminyak karena produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebasea. Penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo terbentuk.

Kecenderungan genetik juga dapat memengaruhi seberapa rentan seseorang terhadap komedo. Perubahan hormonal yang terjadi selama masa remaja, kehamilan, atau penggunaan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan risiko terjadinya komedo.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk menghilangkan komedo secara efektif:

Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah setiap hari dengan pembersih yang lembut dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Pilihlah pelembap yang tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik) untuk menjaga kelembapan kulit tanpa meningkatkan risiko munculnya komedo.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Sederhana

Perhatikan Pola Makan

Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, yang dapat mengurangi risiko terbentuknya komedo.

Hindari Memencet Komedo

Meskipun terkadang menggoda untuk memencet komedo, hal ini dapat menyebabkan peradangan dan bahkan bekas luka. Sebisa mungkin hindari kebiasaan ini.

Gunakan Masker Lumpur

Masker lumpur mengandung mineral yang dapat membantu menyerap minyak berlebih dan mengangkat kotoran dari pori-pori, membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya komedo.

Cobalah Bahan Alami

Bahan alami seperti tea tree oil, madu, atau lidah buaya telah terbukti efektif dalam mengurangi kemunculan komedo. Gunakan dengan hati-hati dan perhatikan reaksi kulit Anda.

Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi secara teratur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan meminimalkan kemunculan komedo. Gunakan scrub yang lembut dan hindari penggunaan yang berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi.

Kebersihan Bantal dan Handuk

Bantal dan handuk yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Pastikan untuk mencuci bantal dan handuk secara teratur.

Dengan mengikuti tips di atas secara teratur, Anda dapat membantu mengurangi kemunculan komedo dan meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Namun, jika masalah komedo Anda persisten atau parah, sebaiknya konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk penanganan lebih lanjut.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.