Sukses

Menjelajahi Ragam Varian Kuliner dari Olahan Buah Nangka

Liputan6.com, Jakarta - Buah nangka, atau jackfruit dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat dan memiliki potensi tak terbatas dalam dunia kuliner.

Selain dinikmati sebagai buah segar, nangka juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan bergizi. Buah nangka kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Buah Nangka mengandung vitamin C, vitamin A, potassium, dan serat, buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, serta mendukung fungsi jantung dan pencernaan yang sehat.

Buah nangka memiliki beragam varietas dengan karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari nangka berdaging tebal yang manis hingga nangka berdaging lebih tipis dengan rasa yang lebih ringan, setiap varietas memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri.

Beberapa varietas populer termasuk Bali, Cempedak, dan Black Gold. Selain memiliki rasa yang lezat dan manfaat kesehatan, buah nangka juga merupakan pilihan yang ramah lingkungan.

Pohon nangka merupakan bagian penting dari agroforestri dan memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan cepat dan menghasilkan buah dalam jumlah yang besar, menjadikannya sebagai sumber pangan yang berkelanjutan.

Dari makanan pembuka hingga hidangan penutup, berikut adalah beberapa variasi olahan dari buah nangka yang patut dicoba:

Keripik Nangka

Keripik nangka adalah salah satu camilan yang populer dan mudah disukai oleh banyak orang. Potongan-potongan buah nangka yang tipis dipanggang atau digoreng hingga kering, menciptakan keripik renyah yang kaya akan rasa manis alami buah nangka.

Gulai Nangka

Gulai nangka adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa gurih dan lezatnya. Potongan buah nangka yang dimasak dengan rempah-rempah, santan, dan bumbu-bumbu lainnya menciptakan hidangan yang kaya akan cita rasa.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahan Nangka

Dodol Nangka

Dodol adalah salah satu kudapan tradisional Indonesia yang terbuat dari santan, gula, dan tepung beras atau ketan. Dodol nangka adalah variasi dodol yang dicampur dengan potongan-potongan buah nangka, memberikan rasa manis dan aroma yang khas.

Es Buah Nangka

Es buah nangka adalah minuman segar yang terdiri dari potongan buah nangka yang disajikan dengan es serut, sirup, dan kadang-kadang tambahan buah-buahan lainnya. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati di hari yang panas sebagai penyegar.

Bolu Nangka

Bolu nangka adalah kue lembut yang diisi dengan selai atau potongan buah nangka. Rasanya yang manis dan aroma alami buah nangka membuat kue ini menjadi pilihan yang sempurna untuk disajikan sebagai hidangan penutup di berbagai acara.

Dengan beragam variasi olahan yang bisa diciptakan dari buah nangka, tidak ada batasan dalam mengeksplorasi kreativitas dalam dunia kuliner. Apakah itu dijadikan camilan sehari-hari atau hidangan istimewa untuk acara tertentu, buah nangka selalu memberikan sentuhan unik dan lezat pada setiap hidangan.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.