Sukses

Cegah Kecurangan, Relawan Pendukung Gibran Ini Bentuk Satgas Anti-Money Politics

Pendukung cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, Relawan Bolone Mase menginstruksikan kepada pimpinan relawan di daerah untuk membentuk satgas anti-money politics untuk mencegah terjadinya kecurangan saat pemungutan hingga penghitungans suara pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Solo - Berbagai cara dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan selama proses pencoblosan Pemilu 2024. Salah satunya seperti yang dilakukan pendukung cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, Bolone Mase yang menginstruksikan untuk membentuk satgas anti-politik uang (money politics)

Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Herwaman Santoso menginstruksikan kepada koordinator wilayah Relawan Bolone Mase untuk membentuk satgas anti-politik uang. Satgas tersebut akan bekerja untuk mengawasi mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara pada saat hari pencoblosan Pemilu 2024, (14/2/2024) mendatang.

"Kami instruksikan kepada teman-teman saat hari tenang semua Relawan Bolone Mase untuk membuat satgas anti-politik uang. Kami juga instruksikan kepada teman-teman semua untuk menagwasi pelaksaan Pemilu," kata Kuat di Solo, Rabu (7/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan

Menurut dia, instruksi pembentukan satgas anti-politik uang itu sebagai cara untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pada pesta demokrasi lima tahun sekali itu. Pasalnya, pada Pemilu kali ini ditengarai bakal muncul gelagat permainan maupun kecurangan sehingga Relawan Bolone Mase tidak ingin terjadinya manipulasi suara untuk kelompok tertentu.

“Lakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu di semua jenjang dan tahapan. Terutama saat pemungutan dan penghitungan suara. Jangan sampai ada kecurangan dan permainan di sini,” ucapnya.

Untuk itu, Kuat pun mengumpulkan semua pimpinan Relawan Bolone Mase Gibran se-Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat di Solo pada Rabu (7/2/2024). Dia meminta kepada pada pimpinan relawan wilayah itu untuk menghimpun anggotanya guna mengawasi proses penghitungan suara. “Pantau dari luar, bayangi proses penghitungan suara agar tidak dicurangi,” kata dia.

Sedangkan ketika disinggung daerah yang rawan lokasi terjadinya kecurangan, Kuat menyebutkan bahwa semua kabupaten dan kota terjadinya kercurangan sehingga satgas anti-politik uang Relawan Bolone Mase harus ikut mengawasinya. “Di semua kabupaten/kota. Untuk itu di masa tenang Pemilu ini semua personel harus siaga di posnya msing-masing,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.