Sukses

Civitas Akademika se-Karawang Deklarasikan Pemilu Damai, Ajak Masyarakat Tidak Golput

Civitas Akademika se-Kabupaten Karawang mengajak masyarakat untuk tidak golput dan turut andil demi kelancaran Pemilu 2024 dengan damai.

Liputan6.com, Karawang - Civitas Akademika se-Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendeklarasikan pemilu damai dan mengajakan masyarakat agar tidak golput. Kegiatan tersebut, juga sekaligus ajang edukasi kepada mahasiswa untuk menciptakan kondisi yang damai saat pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurut Rektor Universitas Buana Perjuangan Kabupaten Karawang, Dedi Mulyadi, terselenggarakanya pemilu yang damai dan aman merupakan tanggung jawab bersama.

Atas dasar itu, rektor dan jajaran dari enam perguruan tinggi negeri dan swasta di Kabupaten Karawang turut andil demi terciptanya pemilu damai.

"Deklarasi damai antar civitas akademika ini kita selenggarakan di kampus Universitas Singa Perbangsa," ujar Dedi Mulyadi, Selasa (6/2/2024).

Dedi menjelaskan, deklarasi damai ini merupakan kesepakatan bersama antar rektor perguruan tinggi se-Kabupaten Karawang. Dalam deklarasi ini, ada lima poin yang disampaikan. Salah satunya adalah ajakan untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Selain itu, lanjut dia, deklarasi ini juga mengedepankan nilai kebebasan berpendapat dalam menentukan pilihan pribadi. Serta menghormati perbedaan pilihan orang lain.

"Dalam deklarasi ini, setiap rektor secara bergantian menyampaikan lima poin tersebut. Ini bentuk kepedulian masyarakat akademis terhadap pesta demokrasi bangsa," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Dedi, tujuan deklarasi ini adalah untuk mengawal dan mendidik masyarakat terutama para mahasiswa. Dengan kegiatan ini, semua pihak diharapkan turut bertanggung jawab untuk menciptakan pemilu yang lancar dan damai.

Semua pihak diharapkan dapat bersinergi guna menjaga perdamaian dan keterbukaan dalam proses demokrasi. Serta, menjadikan Pemilu 2024 sebagai tonggak positif bagi kemajuan bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.