Sukses

Prabowo Subianto Kunjungi Sulut, Arus Lalu Lintas di Manado Lumpuh

Kedatangan rombongan itu dijemput Ketua TKD Prabowo Gibran Sulut Conny Rumondor, Ketua DPD Partai Demokrat Sulut Elly Lasut, Ketua DPW PSI Sulut Melky Pangemanan, Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Tetty Paruntu dan Jimmy Rimba Rogi.

Liputan6.com, Manado - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, Senin (5/2/2024), mengunjungi Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut. Kedatanngan Ketua Umum Partai Gerindra ini membuat arus lalu lintas di Kota Manado lumpuh.

Prabowo Subianto bersama rombongan tiba di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado sekitar pukul 10.00 Wita, setelah menempuh perjalanan lenih kurang 3 jam dari Jakarta.

Kedatangan rombongan itu dijemput Ketua TKD Prabowo Gibran Sulut Conny Rumondor, Ketua DPD Partai Demokrat Sulut Elly Lasut, Ketua DPW PSI Sulut Melky Pangemanan, Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Tetty Paruntu dan Jimmy Rimba Rogi.

Setelah beristirahan sejenak, Prabowo dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut. Di sana dia akan berziarah ke makam keluarganya dan bertemu dengan masyarakat Langowan.

Menariknya sepanjang ruas jalan Kota Manado – Kabupaten Minahasa, Prabowo dan rombongan disambut ribuan warga yang berjejer di sisi kiri dan kana jalan. Perjalanan lebih dari 1 jam itu disambut sorak-sorai warga di sepanjang jalan.

“Kami memang sudah menunggu Prabowo sejak pagi hari, kami tak ingin beranjak dari jalan ini,” ujar Melky, salah satu warga Manado.

Saat Prabowo sementara melakukan kunjungannya di Kabupateb Minahasa, sejumlah ruas jalan utama di Kota Manado lumpuh total. Puluhan ribu warga bergerak menuju Lapangan KONI Sario, Manado, untuk menanti kehadiran Prabowo.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah ruas jalan utama seperti Jalan Sam Ratulangi, Jalan 17 Agustus, Jalan Kembang, Jalan Pierre Tendean, macet total. Puluhan ribu warga dari Kota Manado dan daerah sekitarnya seperti Kota Tomohon, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara mulai merapat ke Lapangan KONI Manado.

“Ruas Jalan Sam Ratulangi Manado macet total, sementara kondisi Lapangan KONI Sario sudah sesak diduduki massa,” ujar Fernando, salah satu relawan Prabowo Gibran.

Ketua TKD Prabowo Gibran Sulut Conny Rumondor menjelaskan, kegiatan kunjungan Prabowo dilaksanakan pada Senin 5 Februari 2024.

“Prabowo usai melaksanakan debat capres, terbang ke Manado pada pukul 06.00 Wita. Tiba di Manado pukul 10.00 Wita, dan akan melanjutkan perjalanan ke Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut,” papar Conny Rumondor.

Di Langowan, Prabowo akan ziarah ke makam kakeknya yaitu Opa Sigar dan bertemu warga di Lapangan Schwarz Langowan. Setelah itu, dia akan balik ke Manado untuk melakukan pertemuan bersama masyarakat.

Diketahui, ibu kandung Prabowo Subianto bernama Dora Sigar adalah orang Langowan, Kabupaten Minahasa. Sehingga kedatangannya untuk bertemu keluarga besarnya dan masyarakat setempat.

“Jadi ada 2 lokasi menyambut kedatangan Prabowo di Lapangan Schwarz Langowan, dan Lapangan KONI Sario Manado,” beber Conny Rumondor.

Dia mengatakan, TKD Prabowo Gibran Sulut sengaja menggelar di 2 lokasi agar masyarakat Sulut tidak ada yang kecewa karena mereka sangat mencintai Prabowo Subianto.

“Untuk lokasi di Lapangan Schwarz adalah pendukung berasal dari Bolmong Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Sedangkan agenda di Kota Manado sekitar pukul 15.00 Wita, untuk bertemu dengan pendukung dari Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Agar tidak terjadi kemacetan yang luar biasa karena sampai dengan hari ini Prabowo sangat dicintai oleh masyarakat Sulawesi Utara,” tuturnya.

Conny Rumondor mengatakan, TKD Prabowo Gibran Sulut berusaha untuk tidak mengecewakan masyarakat karena mereka sangat rindu bertemu Prabowo.

“Kami juga sudah menyurat ke pemerintah untuk membantu terkait pengamanan dalam hal ini Polda Sulut, KPU Sulut, Bawaslu Sulut dan Dinas Perhubungan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menggalang kerjasama dengan partai koalisi, para relawan dan ormas yang mendukung Prabowo Gibran.

“Jadi kedatangan Prabowo bukan dalam kegiatan kampanye melainkan sebagai Menteri Pertahanan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini