Sukses

Aksi Peduli Oase Kabinet Indonesia Maju dan Kemendagri Sasar Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) bersama Kemendagri menyalurkan sejumlah bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan korban bencana puting beliung Desa Ilepadung Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Flores - Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) bersama Kemendagri  menyalurkan sejumlah bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan korban bencana puting beliung Desa Ilepadung Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Data pengungsi menurut BPBD per 23 Januari 2024 sebanyak 6.302 jiwa yang tersebar di beberapa kecamatan

Adapun jumlah bantuan yang dibawa ke lokasi pengungsian meliputi 200 boks susu, 4.000 masker, 1.000 paket peralatan mandi, 1.000 paket peralatan makan, 1.500 baju kaos gebrak masker, 50 kasur busa, 100 selimut ukuran 120 x 180 cm, 100 ember, 100 gayung, 200 trash bag, dan paket bahan makan untuk dapur umum berupa sayur mayur, bumbu dapur, telur, gula, garam, kecap, dan bumbu masak.

Ketua Bidang IV TP-PKK Pusat Safriati Safrizal menyatakan, aksi peduli dilaksanakan pada Rabu dan Kamis 24-25 Januari 2024.

"Lokasi pertama yang menjadi fokus penyaluran bantuan berlokasi di Posko Pengungsian Boru yaitu SD Kristen Kemiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/1/2024).

Lokasi penyaluran bantuan selanjutnya berlokasi di SMP Wulanggitang, dengan rincian bantuan yang disalurkan meliputi susu, masker, kaos hingga perlengkapan makan.

Pelaksanaan penyerahan bantuan hari pertama berlangsung dalam kondisi cuaca ekstrim berupa hujan dan angin kencang di lokasi pengungsian.

Pada Kamis 25 Januari, aksi peduli dilakukan di Posko Pengungsian Konga. Lokasi pertama bertempat di Posko Baru dan lokasi kedua di Desa Bokang.

Pembina OASE Iriana Jokowi beserta segenap Anggota OASE yang diketuai Tri Tito Karnavian memberikan banyak perhatian kepada pengungsi khususnya, ibu dan anak-anak agar tetap terjaga nutrisinya dan mendapatkan susu selama di pengungisan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Kepedulian

Selain ke lokasi pengungsian, didistribusikan juga bantuan bahan makanan dan bumbu dapur kepada Dapur Umum di beberapa lokasi di Posko Boru dan Posko Konga. 

Safriati Safrizal menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian yang sangat penting dilakukan dan menjadi perhatian.

"Masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan puting beliung di Desa Ilepadung membutuhkan bantuan untuk menunjang kegiatan sehari-hari pasca bencana," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.