Sukses

Peringati Bulan K3 Nasional, Berau Coal Tekankan Keselamatan untuk Keberlangsungan Usaha

Peringatan Bulan K3 Nasional yang rutin dilaksanakan diharapkan jadi momentung upaya menekankan keselamatan dan kesehatan kerja demi keberlangsungan usaha.

Liputan6.com, Berau - Pentingnya keselamatan dalam bekerja menjadi perhatian semua pelaku usaha untuk menekan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Maka tak heran jika peringatan Bulan K3 Nasional menjadi kegiatan yang tak sekadar rutin, namun momentum mengingatkan semua pihak.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, PT Berau Coal gelar upacara perayaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) Tahun 2024 di halaman Head Office PT Berau Coal di Berau, Kamis (11/1/2024) silam. Acara perayaan ini diikuti oleh manajemen dan karyawan PT Berau Coal dan mitra kerjanya.

Turut hadir juga dalam upacara tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Berau, Zulkifli Azhari, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Halijah Yasin, Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono, dan Kepala Teknik Tambang PT Berau Coal, Feri Indrayana.

Kepala Teknik Tambang PT Berau Coal Feri Indrayana dalam amanatnya sebagai inspektur upacara menyampaikan peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 mengusung tema nasional “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Kemudian di area PT Berau Coal mengusung sub tema, "Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keselamatan Pertambangan”.

“Sub tema tersebut sejalan dengan arahan dari Direktorat Teknik Lingkungan Mineral dan Batubara dan Kepala Inspektur Tambang agar semua perusahaan di pertambangan mineral dan batubara dapat melakukan upaya pengelolaan keselamatan pertambangan dengan baik sesuai dengan good mining practice dan tidak terjadi kecelakaan tambang khususnya kasus kecelakan yang berakibat kematian,” ujar Feri.

Selama peringatan Bulan K3, akan diadakan serangkaian kegiatan menarik untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap K3 di lingkungan kerja perusahaan. Kegiatan-kegiatan yang telah dipersiapkan mencakup berbagai acara yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Kegiatan tersebut, sambung Feri, merupakan upaya serius Berau Coal dan mitra kerjanya untuk terus meningkatkan standar implementasi K3 yang baik. Peringatan Bulan K3 tahun 2024 tidak hanya sekedar sebuah acara, tetapi juga menjadi sebuah momentum strategis yang sangat penting bagi kita semua.

Melalui peringatan ini, pihaknya mengingatkan akan urgensi Keselamatan Pertambangan, termasuk keselamatan dan kesehatan kerja dan keselamatan operasi. Momentum ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pekerja, serta mendorong disiplin dalam bertindak dan berani berbicara mengenai semua aspek Keselamatan Pertambangan.

“Tujuan utama adalah menciptakan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang kuat di lingkungan operasional PT Berau Coal. Saya berharap bahwa keselamatan akan menjadi bagian integral dari setiap tindakan dan keputusan pekerja,” jelas Feri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanpa Kecelakaan Kerja

Selain itu, PT Berau Coal memiliki catatan positif dalam melalui tahun 2023 tanpa catatan kecelakaan tambang atau insiden yang menyebabkan loss time injury. Hal ini merupakan upaya dan sinergi serta kolaborasi bersama untuk melakukan pengelolaan Keselamatan Pertambangan dengan baik, meski beberapa catatan perbaikan perlu dilakukan tindaklanjut secara komprehensif.

Namun, dalam situasi yang lebih luas, peringatan Bulan K3 tahun ini juga menjadi panggung untuk menyampaikan himbauan terkait masa kampanye pemilu 2024. Karyawan dan mitra kerja diingatkan untuk menjaga suasana kondusif di lingkungan kerja agar perbedaan pandangan politik tidak menghambat komunikasi dan koordinasi pekerjaan.

“Harapannya peringatan Bulan K3 Nasional ini dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan disiplin pekerja terhadap Keselamatan Pertambangan. Semoga dengan berbagai kegiatan yang diadakan, budaya K3 dapat terus terjaga dan mengalami perbaikan di masa depan.” Tutupnya.

Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono mengatakan, agenda ini merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan dalam menjalankan amanah dari pemerintah. Bulan K3 diarahkan untuk meningkatkan kesadaran seluruh pekerja terhadap keselamatan kerja.

“Berbagai program telah dirancang dan ditujukan untuk melibatkan sebanyak mungkin pekerja, guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, terutama kesadaran terhadap bagaimana menjalankan proses kerja dengan aman,” ujar Arif.

Dirinya menyebut program ini akan berlangsung selama satu bulan, dengan harapan bahwa Bulan K3 dapat menjadi sumber energi untuk menjaga semangat Keselamatan dan Kesehatan Kerja selama 11 bulan berikutnya.

“Pada tahun 2023, kami bersyukur karena tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja (lost time injury) di PT Berau Coal. Ini adalah bukti positif dari komitmen dan kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan. Semoga semangat ini terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi semua pekerja untuk menjaga keberlanjutan kinerja K3 di masa yang akan datang,” tutupnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Berau, Zulkifli Azhari, menjelaskan bahwa pencanangan Bulan K3 ini merupakan amanat dari pemerintah yang dijalankan setiap tahun sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan dan kesehatan kerja.

Meskipun peringatan ini terfokus dalam satu bulan, namun dirinya menekankan bahwa keselamatan bukanlah hal yang sementara, melainkan perlu dijaga secara berkelanjutan. Kontinuitas dalam implementasi K3 menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan tersebut.

“Dari hasil evaluasi yang dilakukan, kami menyatakan bahwa PT Berau Coal telah menjalankan prinsip-prinsip K3 dengan baik, termasuk adanya inovasi-inovasi yang diimplementasikan dalam manajemen K3,” ujar Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli mengungkapkan harapannya agar tidak hanya PT Berau Coal, tetapi juga semua perusahaan di Kabupaten Berau, dapat menerapkan prinsip-prinsip K3. Menurutnya, hal ini sangat penting karena berkaitan dengan produktivitas dan kelangsungan berusaha.

“Kami berharap agar semangat K3 terus ditingkatkan, seiring dengan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan berkelanjutan bagi seluruh pekerja di Kabupaten Berau,” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Halijah Yasin, sangat mengapresiasi pelaksanaan Bulan K3 oleh PT Berau Coal. Dirinya merasa senang karena kegiatan tersebut sejalan dengan tupoksi dan standar minimal yang dimiliki oleh dinas kesehatan.

“Salah satu fokus utamanya adalah kesehatan kerja, dan kami berharap agar semua perusahaan di Kabupaten Berau dapat berkolaborasi dalam melaksanakan program kesehatan dan keselamatan kerja, tidak hanya dalam rangkaian bulan K3, tetapi juga sepanjang waktu,” kata Halijah.

Pihaknya juga menekankan pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan kerja setiap saat, terutama dalam menjalankan tugas masing-masing.

“Harapannya agar pelaksanaan Bulan K3 di masa depan menjadi lebih baik. Mampu memperkuat kesadaran dan komitmen terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerja di Kabupaten Berau,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini