Sukses

Panen Raya Edamame, Tanaman Favorit Baru

Edamame dengan potensi yang dimiliki bisa menjadi komoditi unggulan pertanian dari Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang - Panen raya edamame, Kamis (25/1/2024) di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah menjadi panen raya pertama komoditas ini.

Panen raya ini bahkan sampai dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi, CEO Regional V Bank BJB Jadi Kusmaryadi, Manajemen PT. Kelola Agro Makmur dan juga Petani Mitra Binaan PT. Kelola Agro Makmur. 

Menurut Nancy Adistyasari, panen raya ini diharapkan mampu menguatkan bahwa komoditas Edamame dapat menjadi komoditi yang unggul. 

Komoditas Edamame merupakan komoditas unggulan. Hanya saja Jawa Tengah belum bisa mengoptimalkan hal tersebut.

"Karena itu, Bank BJB melalui program kemitraan untuk para petani menggagas upaya meningkatkan nilai komoditas Edamame," kata Nancy.

Dukungan Bank BJB mengondisikan agar para petani lebih mudah dalam mendapatkan offtaker atau pembeli siaga sehingga produknya dapat langsung terserap pasar. 

Ditambahkan oleh Nancy Adistyasari keberhasilan PT Kelola Agro Makmur melakukan panen raya, menjadi salah satu bukti, dukungan pembiayaan yang diberikan Bank BJB melalui skema KUR mampu membantu produktivitas perusahaan termasuk para petani.  

Disampaikan Nancy, penyaluran KUR tersebut merupakan bentuk nyata dukungan bank bjb terhadap program pemerintah dalam pemulihan ekonomi secara nasional, khususnya pada sektor pertanian.

"Bank BJB akan terus mendukung sektor pertanian di berbagai daerah. Kami harap, dukungan yang diberikan akan dapat mendorong produktivitas sektor pertanian," kata Nancy. 

Digarap kerjasama dan dukungan pembiayaan yang sudah berjalan, dapat meningkatkan dampak positif bagi para petani.

Sementara itu PT Kelola Agro Makmur (KAM) merupakan salah satu anak perusahaan dari Kelola Group yang bergerak di bidang industri sayuran beku dengan produk utama kacang kedelai Edamame.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Edamame

Edamame dikenal sebagai camilan tradisional dari Jepang. Saat ini  banyak diminati dan dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bukan hanya karena rasanya, tapi juga karena ada banyak manfaat edamame bagi kesehatan tubuh. Edamame mengandung banyak nutrisi.

Sejak 2016, KAM ekspansi usaha baik untuk ekspor maupun lokal melalui PT. Kenkyo Food Tech Industry Di Semarang yang juga merupakan salah satu anak perusahaan KELOLA Group.

Tahun 2019, KAM mendirikan pabrik di Temanggung dan telah memperolah sertifikat BRC, HACCP dan HALAL dengan sarana laboratorium yang higienis dan mengutamakan kualitas produk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini