Sukses

Melihat Kepribadian Seseorang lewat Gim yang Dimainkan

Seorang peneliti psikologi gim di Inggris, Richard Bartle mengembangkan sistem klasifikasi pemain yang membagi pemain menjadi empat tipe kepribadian gamer yang berbeda

Liputan6.com, Yogyakarta - Bermain gim ternyata dapat menunjukkan ciri-ciri kepribadian tertentu. Dikutip dari Jagran Josh, hubungan antara gim dan ciri-ciri kepribadian telah menjadi fokus penelitian di bidang psikologi.

Para pemain memiliki keinginan atau motivasi untuk memainkan gim tertentu yang cenderung sejalan dengan kepribadiannya. Psikologi pemain gim adalah subjek menarik yang menyelidiki motivasi, perilaku, dan sikap individu yang bermain game.

Orang-orang bermain game karena berbagai alasan, seperti untuk hiburan, menghilangkan stres, bersosialisasi, atau kompetisi. Memahami alasan di balik bermain game dapat memberikan perspektif menarik terkait psikologi pemain, bagaimana gim dibuat untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Seorang peneliti psikologi gim di Inggris, Richard Bartle mengembangkan sistem klasifikasi pemain yang membagi pemain menjadi empat tipe kepribadian gamer yang berbeda: Achievers, Explorers, Socializers, dan Killers.

1. Achievers

Banyak gim yang dirancang untuk menaklukan sebuah tantangan, hasilnya para pemain akan mendapat penghargaan. Gim ini biasanya akan memberikan misi-misi tertentu untuk diselesaikan, sistem leveling, hingga mengumpulkan item.

Orang yang bermain gim ini adalah mereka yang sangat kompetitif dan senang mengukur perkembangannya melawan pemain lain. Pemain dengan tipe achiever biasanya berorientasi pada tujuan dan menikmati gameplay terstruktur.

Cukup banyak dari pemain tipe ini kurang tertarik dengan sosialisasi atau eksplorasi, mereka akan lebih menyukai permainannya untuk mencapai sesuatu di dalamnya.

Gim ini banyak ditemukan dalam genre MOBA, seperti Dota 2, Mobile Legends, Counter Strike, dan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Explorers

2. Explorers

Tipe pemain explorers menyukai gim dengan story yang runut. Mereka biasanya senang ketika mengungkap rahasia tersembunyi, menjelajah wilayah baru, atau bereksperimen dengan mekanisme permainan yang berbeda.

Tipe ini seringkali sangat penasaran dan menikmati sensasi menemukan sesuatu yang baru saat melakukan penjelajahan dan wilayah baru. Pemain ini kurang tertarik dengan kompetisi atau prestasi, sebab memilih untuk mencari kebebasan.

Gim ini biasanya banyak ditemukan dengan genre RPG atau open world seperti GTA, Genshin Impact, Ragnarok dan lainnya.

3. Socializers

Pemain dengan tipe socializers senang dengan sebuah interaksi dengan pemain lainnya. Mereka akan sangat gembira ketika bisa membangun sebuah hubungan di dunia gim.

Tipe pemain ini akan bergabung dengan guild atau kelompok sosial lainnya dalam sebuah channel discord.

Socializers seringkali adalah orang yang sangat ramah dan senang mengobrol dengan pemain lain dan membantu. Mereka mungkin kurang tertarik pada kompetisi atau prestasi dan mungkin lebih memilih permainan yang menawarkan komponen sosial yang kuat.

Gim yang dimainkan pemain ini bisa saja beragam asal dapat membawa mereka bersosialisasi. Belakangan ini, sudah banyak gim yang dilengkapi dengan kolom chat maupun voice chat.

4. Killers

Pemain killers dimotivasi oleh persaingan dan konflik yang timbul akibat memainkan permainan yang kompetitif atau destruktif. Mereka senang terlibat dalam pertarungan pemain lawan pemain, membunuh pemain lain, atau secara umum menyebabkan kekacauan dalam dunia game.

Pembunuh seringkali sangat agresif dan menikmati sensasi mendominasi pemain lain. Mereka mungkin kurang tertarik dalam bersosialisasi, bereksplorasi, atau berprestasi dan mungkin lebih memilih game yang memungkinkan mereka terlibat dalam gameplay yang agresif.

Gim yang mereka mainkan bisa ditemukan dalam gim MOBA, Dota 2, Mobile Legend, League of Legend, hingga Apex Legends.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini