Sukses

Jurus Kepala Desa Kalianyar Cirebon Satukan Masyarakat Usai Pilkades

Kepala Desa Nasir menggelar mancing bersama seluruh lapisan masyarakat di desanya setelah resmi dilantik pada 30 Desember 2023 lalu

Liputan6.com, Cirebon Upaya menyatukan kembali masyarakat setelah momen pemilihan kepala desa dilakukan dengan berbagai cara. Banyak cara dilakukan kepala desa terpilih untuk menciptakan suasana kembali guyub.

Seperti yang dilakukan Kepala Desa Kalianyar Kabupaten Cirebon Abdul Nasir. Ia menggelar mancing bersama seluruh lapisan masyarakat di desanya setelah resmi dilantik pada 30 Desember 2023 lalu. 

“Setelah melewati pesta demokrasi tingkat desa atau Pilwu mungkin ada beda pilihan, namun sekarang waktunya bersatu kembali demi kemajuan dan pembangunan desa,” katanya di sela kegiatan mancing bareng warga, Minggu (7/1/2024).

Sembari berkeliling menyapa warga, Ia mengaku akan membuat desanya lebih baik dan maju dari sebelumnya. Nasir mengaku akan lebih banyak melibatkan anak muda desa untuk mengawal prgram kerjanya.

Sekitar 1 ton ikan dimasukkan sepanjang sungai desa untuk ramai-ramai dipancing warga. Nasir mengaku, kegiatan mancing mania tersebut tak hanya dijadikan ajang kembali guyub. 

Alumni prodi KPI Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon itu melihat ada potensi nilai ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang bisa digali dari sebuah kegiatan bersama. 

"Kebetulan kan basic saya dari perikanan maka dari itu salah satu program utama saya memberdayakan masyarakat melalui budidaya ikan. Harapannya bisa menjadi mata pencaharian lain yang prospek," kata Nasir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Milenial

Ia menyebutkan, sebagian besar masyarakat di Desa Kalianyar Cirebon adalah petani. Sisanya budidaya ikan hingga pelaku UMKM.

Oleh karena itu, dari sisi ekonomi, Nasir mengaku akan memberdayakan pelaku UMKM di desa agar semakin maju dan berkembang. 

"Kemudian program keagamaan juga di kami fasilitasnya sudah memadai santri terus bertambah. Di beberapa blok sudah punya majelis taklim tinggal dioptimalkan saja," sebut Nasir.

Sementara itu, Nasir menyatakan akan memaksimalkan program yang berkaitan dengan pemuda dan olahraga. Menurutnya, masyarakat Desa Kalianyar rindu dengan aktivitas olahraga hingga memiliki prestasi.

"Saya juga gandeng klub legenda volly Perdapa dari Kota Cirebon untuk bisa membantu pemuda desa dilatih main volly. Ada kegiatan positif dan berprestasi. Olahraga lain seperti badminton sepak bola saya juga ingin maksimalkan," kata Nasir. 

Pada kesempatan tersebut, Nasir mengaku akan maksimal melestarikan warisan seni dan budaya di Desa Kalianyar Cirebon. 

Sejumlah warisan seni dan budaya Cirebon yang ada di Desa Kalianyar seperti tari topeng, sintren dan wayang. 

"Ini juga upaya kami agar masyarakat bangga dan cinta seni budaya Cirebon. Jika lestari tidak menutup kemungkinan banyak yang datang dan belajar disini," kata Nasir. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini