Sukses

Sinopsis Film YUNI, Ketika Arawinda Kirana Berjuang dalam Pendidikan

Film YUNI tayang perdana di salah satu televisi Indonesia. Adapun berikut ini sinopsis dan fakta-fakta menariknya.

Liputan6.com, Bandung - Film "YUNI" merupakan film Indonesia produksi 2021 yang saat ini tayang secara perdana di salah satu televisi Indonesia. Berdurasi 1 jam 35 menit, Yuni merupakan film dengan genre drama yang kental dengan budaya Indonesia.

Film YUNI karya sutradara Indonesia Kamila Andini, ceritanya ditulis oleh sang sutradara dan Prima Rusdi. Film Yuni diperankan oleh aktor-aktor ternama Indonesia mulai dari Asmara Abigail, Marissa Anita, hingga Arawinda Kirana.

Karakter utama dalam film ini merupakan seorang perempuan bernama Yuni. Karakternya digambarkan sebagai seorang remaja yang sebentar lagi lulus sekolah dan karakter tersebut diperankan oleh artis Arawinda Kirana.

Sementara itu, artis Marissa Anita akan berperan sebagai seorang guru yang melihat adanya potensi pada anak muridnya tersebut.

Adapun artis lainnya yaitu Asmara Abigail akan berperan sebagai karakter bernama Suci yang terlihat mempunyai peran penting dengan sang karakter utama.

Sebagai Informasi, film Yuni pertama kali tayang perdana dalam ajang bergengsi di Toronto International Film Festival 2021. Melalui ajang tersebut film Yuni meraih prestasi yaitu penghargaan "Platform Prize".

Selain itu, pada tahun yang sama Arawinda Kirana berhasil meraih Piala Citra sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik di Festival Film Indonesia 2021. Penghargaan tersebut ia raih setelah sukses berakting sebagai karakter Yuni dalam film tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Menceritakan seorang remaja perempuan bernama Yuni (Arawinda Kirana) yang saat ini masih menempuh pendidikan di sekolahnya. Diketahui Yuni sebentar lagi akan segera lulus dari bangku sekolah dan mempunyai niat untuk melanjutkan pendidikannya.

Yuni berharap setelah lulus dia bisa belajar di bangku kuliah, apalagi Yuni dikenal sebagai siswi yang pintar. Selain itu, kepintaran Yuni juga berhasil dilirik oleh sang guru yaitu Ibu Lies (Marissa Anita).

Sebagai guru, Ibu Lies ingin membantu Yuni untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah melalui beasiswa. Namun, suatu hari Yuni tiba-tiba dilamar oleh seorang laki-laki yang bahkan tidak ia kenal.

Yuni memutuskan untuk menolak lamaran tersebut, tetapi seiring berjalannya waktu, ia kembali dilamar oleh seorang laki-laki. Meskipun dilamar, Yuni tetap memegang teguh impiannya untuk berkuliah sehingga menolak lamaran lelaki tersebut.

Sampai akhirnya Yuni kembali mendapatkan lamaran ketiga dari seorang pria, akankah Yuni tetap mengejar mimpinya?

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik

Berikut ini adalah fakta menarik dari Film YUNI:

1. Daftar Pemeran Film YUNI

Berikut ini adalah daftar pemeran film YUNI melansir dari IMDb:

1. Arawinda Kirana sebagai Yuni

2. Asmara Abigail sebagai Suci

3. Sekar Sari sebagai Rika

4. Marissa Anita sebagai Bu Lies

5. Dimas Aditya sebagai Damar

6. Kevin Ardilova sebagai Yoga

7. Rukman Rosadi sebagai Bagja

8. Neneng Wulandari sebagai Sarah

9. Boah Sartika sebagai Uung

10. Nazla Thoyib sebagai Eek

11. Anne Yasmine sebagai Tika

12. Made Aurelia sebagai Nisa

13. Toto S. T. Radi sebagai Mang Dodi

14. Muhammad Khan sebagai Iman

15. Nova Eliza sebagai Ibu

16. Mian Tiara sebagai Asih

17. Ayu Laksmi sebagai Arini

2. Terinspirasi dari Kisah ART

Film ini kabarnya terinspirasi dari kisah Asisten Rumah Tangga (ART) sang sutradara sekaligus penulis Kamila Andini. Diketahui, film ini terinspirasi dari isu menikah muda di mana ART-nya tersebut harus pulang kampung karena anaknya yang masih berusia belasan tahun akan melahirkan.

Selain itu, warna ungu yang identik dalam film ini ternyata terinspirasi dari warna favorite temannya sewaktu sekolah dahulu. Menurutnya, sosok temannya tersebut mempunyai karakteristik unik mirip seperti karakter Yuni.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film YUNI

3. Gagal Mengikuti Ajang Penghargaan Oscar

Film YUNI awalnya didapuk sebagai perwakilan Indonesia untuk mengikuti seleksi kategori “Best International Feature” dalam ajang bergengsi Academy Awards 2022. Namun, film ini gagal dalam seleksi dewan juri Oscar 2022 sebagai kandidat nominasi.

Meskipun begitu, sebelumnya film ini sudah meraih berbagai macam prestasi dari ajang bergengsi. Mulai dari diputar secara perdana di Toronto International Film Festival 2021 dan meraih penghargaan Platform Prize.

Kemudian, Arawinda Kirana meraih penghargaan Pemeran Utama Perempuan Terbaik di Festival Film Indonesia 2021, penghargaan Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, hingga Silver Yusr Award kategori Best Actress di Red Sea International Film Festival 2021 di Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini