Sukses

Makna Angka 13 dalam Film '13 Bom di Jakarta'

Film '13 Bom di Jakarta' sudah ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 28 Desember 2023

Liputan6.com, Yogyakarta - Film 13 Bom di Jakarta sudah ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 28 Desember 2023. Angka 13 pada judul film ini ternyata memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Mengutip dari berbagai sumber, Angga Dwimas Sasongko yang merupakan sutradara film ini mengatakan bahwa dirinya tertarik dengan angka tersebut. Ia meyakini, 13 memiliki dua keyakinan.

Sebagian orang melihat 13 sebagai angka kematian. Namun, beberapa kebudayaan justru menganggap 13 sebagai rebirth atau reborn (terlahir kembali).

Dalam konteks film ini, makna angka 13 menjadi simbolreborn atau memulai kembali dari awal. Konsep ini memberikan dimensi filosofis pada kisah yang diangkat.

Sebelum tayang serentak di bioskop, film ini telah ditayangkan dalam Gala Premiere di XXI Epicentrum Jakarta pada 21 Desember. Pada 2 Desember, film ini juga telah ditayangkan di festival Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023.

Film 13 Bom di Jakarta mengisahkan tentang serangan teroris dengan ancaman 13 bom di Jakarta. Dalam sebuah penelusuran intelijen, ditemukan dua pengusaha muda yang dianggap terlibat, yaitu Oscar dan William.

Pemimpin kelompok teroris, Arok, menebar teror dengan meledakkan bom setiap 8 jam. Melalui teaser-nya, film ini menampilkan adegan-adegan dramatis, termasuk ledakan bom, aksi kebut-kebutan, hingga baku tembak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Pemain

Film ini dibintangi sejumlah bintang ternama, antara lain:

  1. Chicco Kurniawan (Oscar)
  2. Ardhito Pramono (William)
  3. Lutesha (Agnes)
  4. Rio Dewanto (Arok)
  5. dan Putri Ayudya (Karin)
  6. Ganindra Bimo (Emil)
  7. Niken Anjani (Gita)
  8. Rukman Rosadi (Damaskus)
  9. Muhammad Khan (Waluyo)
  10. Andri Mashadi (Fajar)
  11. Aksara Dena (Malik).

Film ini mengambil dua lokasi syuting, yaitu di Jakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Setelah melalui proses produksi selama 41 hari, film 13 Bom di Jakarta akhirnya bisa disaksikan serentak di bioskop seluruh Indonesia sejak 28 Desember 2023.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.