Sukses

Dugaan Kebocoran Source Code GTA 5, Benarkah?

Kebocoran source code GTA 5 disebut-sebut ada file tentang rincian GTA 6 dan Bully 2 yang terkandung di dalamnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Source code GTA 5 dikabarkan bocor ke publik bersama detail gim GTA 6 dan Bully 2. Hal itu pun disinyalir sebagai sebab gameplay GTA 6 bocor ke publik belakangan ini.

Kebocoran source code GTA 5 disebut-sebut ada file tentang rincian GTA 6 dan Bully 2 yang terkandung di dalamnya.

Pengembang gim Rockstar mengaku sedang mengalami kesulitan sebab pembocor dan peretas yang mempublikasikan GTA 6. Sebab itu gim terbaru yang rencananya dirilis pada 2025 mendatang, trailernya sudah bocor lebih dulu beberapa waktu lalu.

Insiden itu pun membuat pengembang gim kesulitan untuk merahasiakan proyek tersebut. Imbasnya tentu saja potensi pembocoran lain atau duplikasi ide dari pengembang saingan.

Dilansir dari Dexerto, source code lengkap GTA 5 diduga telah bocor secara online. Tampaknya ini adalah source code dari gim versi 2022, artinya kemungkinan besar kode tersebut terkait dengan peretasan tahun 2022 yang awalnya membocorkan gameplay pertama GTA 6.Detail GTA 6 dan Bully 2 terdapat dalam bocoran GTA 5

Menurut sejumlah sumber, source code awalnya bocor ke publik melalui pesan Discord. Pesan tersebut berisi link untuk mendownload source code GTA 5, link tersebut pun segera dihapus.

Namun, mereka yang mendapatkan tautan tersebut telah membagikannya melalui tautan unduh di Tor, AKA The Onion Browser, peramban yang sering digunakan untuk mengirim data secara anonim dan langsung melalui dark web. Hal ini pun membuat penyebaran file sulit dihentikan karena sudah tak terkendali.

Telah dipastikan bahwa GTA 6 pernah diberi nama sandi “Project Americas”, sesuatu yang dilaporkan oleh Bloomberg sebelumnya. Selain itu file yang berkaitan dengan Bully 2 terdapat di dalam folder ini.

Di sisi lain, Rockstar belum mengomentari kebocoran ini dan isi folder yang beredar, tetapi penggemar telah dihebohkan dengan spekulasi sehubungan dengan akhirnya mendapatkan berita tentang franchise yang sangat digemarinya.

Kendati demikian, kabar Bully 2 akan dirilis telah membuat banyak penggemar Rockstar antusias. Namun, ada juga beberapa masalah besar yang harus diatasi oleh pengembang jika source code game tersebut benar-benar dipublikasikan, termasuk kemungkinan masalah keamanan dengan GTA saat dimainkan secara online.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.