Sukses

726 Personel Gabungan Dikerahkan dalam Pengamanan Nataru di Pemalang

Sebanyak 726 personel gabungan dari unsur Polri-TNI dan stakeholder lainnya dilibatkan, untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang beraktivitas selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Pemalang

Liputan6.com, Pemalang - Polres Pemalang menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Candi 2023 mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

Sebanyak 726 personel gabungan dari unsur Polri-TNI dan stakeholder lainnya dilibatkan, untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang beraktivitas selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Dalam pelaksanaan operasi ini, kami telah mendirikan empat Pos yang terdiri dari tiga Pos Pelayanan dan satu Pos Pengamanan,” kata Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya usai memimpin apel gelar pasukan bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang, Jumat (22/12/2023).

Yovan mengatakan, beberapa fokus utama dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yakni pengaturan lalu lintas dan pengamanan objek vital, seperti tempat ibadah dan objek wisata.

“Kami telah menyiapkan kebijakan rekayasa lalu lintas, untuk mengantisipasi meningkatnya potensi pergerakan masyarakat di jalur arteri dan tol,” katanya.

Khususnya di jalur arteri pantura, pihaknya telah menempatkan tim urai di Pos Pelayanan Gandulan Pemalang.

“Hari ini, kami telah menyampaikan imbauan kepada pelaksana perbaikan jalan di pantura, agar besok jalur pantura sudah steril dan siap digunakan,” kata Kapolres Pemalang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan One Way

Terkait penerapan one way di jalur tol, pemberlakuannya secara terpusat dan menunggu instruksi dari Mabes Polri.

“Apabila terdapat instruksi kebijakan one way, maka akan kami informasikan kepada masyarakat, sebelum diberlakukan,” kata dia.

Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal yang aman, mulai hari ini Polres Pemalang telah melaksanakan sterilisasi ke gereja-gereja, sebelum berlangsungnya kegiatan ibadah.

"Sterilisasi dilakukan oleh tim khusus yang telah mengikuti pelatihan di Polda Jateng, dilengkapi alat metal detector, mirror detector dan anjing pelacak K9," jelasnya.

Sebelum digelarnya Operasi Lilin Candi, Polres Pemalang juga telah menggelar Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD), untuk menjaga kondusifitas menjelang dan pasca Nataru.

"Kami telah mendatangi sejumlah tempat hiburan malam dan melakukan pengecekan serta tes urine, untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjelang Nataru," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.