Sukses

Pilihan Bijak Makanan Sehat saat Perayaan Natal

Hal harus dilakukan agar kalian dapat menikmati perayaan natal tanpa mengorbankan kesehatan. Berikut adalah beberapa tips dan penjelasan memilih makanan sehat saat perayaan Natal.

Liputan6.com, Gorontalo - Saat merayakan Hari Natal, seringkali kita dihadapkan pada hidangan lezat dan menggugah selera. Namun, penting untuk tetap memilih makanan yang sehat dan seimbang.

Hal harus dilakukan agar kalian dapat menikmati perayaan natal tanpa mengorbankan kesehatan. Berikut adalah beberapa tips dan penjelasan mengenai makanan sehat saat perayaan Natal.

1. Prioritas Sayur dan Buah-buahan

Saya menyantap hidangan Natal pilihlah hidangan yang kaya sayuran dan buah-buahan. Makanan itu seperti mengandung serat, vitamin, dan mineral penting.

Lebih banyak buah dalam hidangan kalian, semakin baik, karena warna yang berbeda menandakan nutrisi dan serat yang berbeda. Maka prioritaskan memakan buah agar kesehatan kalian tetap terjaga saat merayakan Natal dan Tahun Baru.

2. Pilih Makanan Protein Tinggi

Makanan dengan protein yang tinggi, bisa menjadi pilihan sumber makanan berkualitas tinggi. Seperti daging tanpa lemak, ikan, dada ayam, atau opsi vegetarian seperti tahu, tempe, atau kacang-kacangan.

Akan tetapi makanan dengan protein tinggi tersebut jangan dikonsumsi terlalu banyak. Makanlah secukupnya dengan mengurangi porsi yang biasanya.

3. Karbohidrat Sehat

Selain itu, kalian pilih makanan yang berkarbohidrat kompleks, seperti nasi merah, quinoa, atau roti gandum. Hindari karbohidrat olahan dan terlalu banyak pilihan karbohidrat sederhana.

Konsumsi karbohidrat berlebihan, terutama karbohidrat olahan dan sederhana, dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Karbohidrat yang tidak digunakan tubuh sebagai energi cenderung disimpan sebagai lemak.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Lemak Sehat

Pilih makanandengan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans.

Kelebihan dengan mengonsumsi lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dalam darah 'kolesterol jahat'. Lemak jenuh mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

5. Porsi yang Terkendali

Makan dengan porsi yang terkendali merupakan praktik penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah kelebihan konsumsi kalori. Pelajari tentang ukuran porsi yang dianjurkan untuk makanan tertentu. Misalnya, satu porsi daging seharusnya tidak lebih besar dari ukuran telapak tangan Anda.

Kendalikan ukuran porsi Anda untuk menghindari overeating. Jika ada banyak hidangan yang ingin Anda coba, ambillah porsi kecil dari masing-masing.

6. Hindari Pemanis Buatan

Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan berlebihan. Pilih pemanis alami atau pemanis buatan yang rendah kalori jika perlu.

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan langkah awal menuju diabetes tipe 2. Pemanis buatan juga telah dikaitkan dengan perubahan metabolisme gula darah.

Dengan memperhatikan pilihan makanan dan memilih dengan bijak, anda dapat tetap menikmati perayaan Natal tanpa memikirkan masalah kesehatan. Selamat merayakan Natal yang sehat dan bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.