Sukses

Jaga Keharmonisan, Ini Daftar Makanan untuk Kehidupan Seks yang Berkualitas

Memiliki dorongan seks yang sehat dikaitkan dengan perasaan sehat secara fisik dan emosional, sehingga tak heran jika makanan yang dikonsumsi berperan dalam meningkatkan kehidupan seks.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kehidupan seks bersama pasangan sah adalah cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Masalah dalam hubungan seks bisa saja merusak keharmonisan.

Memiliki dorongan seks yang sehat dikaitkan dengan perasaan sehat secara fisik dan emosional, sehingga tak heran jika makanan yang dikonsumsi berperan dalam meningkatkan kehidupan seks.

Untuk menjaga hal tersebut, ada sejumlah makanan mengandung nutrisi yang bakal bermanfaat bagi kehidupan seks. Di antaranya seperti tiram, kacang-kacangan, biji-bijian, dan apel.

Dengan pola makan bergizi, dapat bermanfaat dalam kehidupan seks dengan, meningkatkan libido, meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung, meningkatkan stamina.

Mengonsumsi makanan kaya sayuran dan protein tanpa lemak, serta rendah makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh dapat membantu mencegah gangguan yang memengaruhi libido, seperti sindrom metabolik dan kondisi hormonal.

Berikut makanan untuk kehidupan seks yang berkualitas dikutip dari Healthline:

1. Tiram

Tiram punya khasiat afrodisiak. Alasannya adalah tiram mengandung zinc atau seng yang tinggi. Senyawa ini meningkatkan aliran darah, sehingga dapat membantu aliran darah ke organ intim.

Seng sangat penting dalam kesuburan pria, karena membantu mengatur kadar testosteron. Menurut sebuah penelitian, kekurangan seng berdampak negatif pada kadar testosteron.

Tiram mengandung lebih banyak seng dibandingkan sumber makanan lainnya, dengan satu porsi menyediakan 673% dari nilai harian seseorang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daging

2. Daging tertentu

Mengonsumsi daging, atau makanan yang mengandung asam amino tertentu, dapat membantu meningkatkan kehidupan seks. Misalnya daging sapi, ayam yang mengandung senyawa untuk melancarkan aliran darah.

Dalam daging itu mengandung karnitin, L-arginin, seng. Sebab aliran darah yang lancar sangat penting untuk respons seksual pada pria atau perempuan.

Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak makan daging merah dapat berdampak buruk bagi jantung Anda. Sajikan sedikit protein hewani dalam jumlah sedang, untuk menghindari peningkatan risiko penyakit jantung.

Lantas jika bagi yang pola makannya vegetarian, nutrisi ini bisa didapatkan biji-bijian dan produk susu, termasuk susu dan keju.

Karnitin dan L-arginin merupakan asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan berprotein tinggi. Biji-bijian utuh dan susu merupakan sumber zinc yang sangat baik.

3. Ikan salmon

Salmon terkenal memiliki asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Ikan berdaging merah muda, serta sarden, tuna, dan halibut, dapat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan kehidupan seks.

Omega-3 membantu mencegah penumpukan plak di arteri. Ini meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh. Menjaga sistem peredaran darah tetap lancar, mengurangi risiko penyakit tertentu yang mengganggu fungsi seksual.

Ikan juga merupakan sumber protein, vitamin B12, vitamin D, dan zat besi. Ini juga mengandung seng. Untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda, Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu.

 

3 dari 3 halaman

Kacang

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Orang mungkin banyak ngemil dengan junk food atau permen, tapi coba digantin dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Misalnya lacang mete dan almond kaya akan seng, sementara sejumlah camilan sehat mengandung L-arginin untuk melancarkan aliran darah.

Coba yang berikut ini, kenari,biji labu, biji bunga matahari, kacang pikan, kacang hazel, kacang kacangan. Kacang kenari sangat bermanfaat karena juga kaya akan omega-3

5. Apel

Apel kaya akan senyawa yang disebut quercetin. Antioksidan ini, sejenis flavonoid, menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Dalam hal seks, quercetin berperan dalam mempromosikan sirkulasi, mengobati DE, mengelola gejala prostatitis. Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa quercetin berhasil menurunkan tekanan darah pada dosis lebih dari 500 mg per hari.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan disfungsi seksual karena kerusakan pembuluh darah mengganggu aliran darah ke alat kelamin. Ini adalah salah satu penyebab DE.

Faktanya, sebuah studi tahun 2016 melaporkan penurunan DE sebesar 14% pada pria yang mengonsumsi lebih banyak buah. Ini mungkin karena kandungan flavonoidnya.

Pada wanita, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penurunan libido dan berkurangnya minat berhubungan seks, terutama jika hal tersebut menyebabkan kelelahan. Aliran darah yang lebih rendah ke vagina dapat memengaruhi respons tubuh mereka terhadap aktivitas seksual.

Secara keseluruhan, pola makan kaya flavonoid akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kehidupan seks tetap sehat.

Makanan sehat yang kaya akan flavonoid meliputi: apel, stroberi, bluberi , anggur berwarna gelap, anggur merah, ceri, buah sitrus.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini