Sukses

Profil Ustaz Abdul Somad, Ulama yang Mendukung Pasangan 'Amin' di Pilpres 2024

Baru-baru ini Ustaz Abdul Somad memberikan dukungannya kepada paslon nomor 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Bandung - Pasangan calon presiden dan wakil predisen pada Pilpres 2024 nomor 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) baru-baru ini mendapatkan dukungan dari ulama populer Ustaz Abdul Somad.

Dukungan tersebut diberikan oleh sang ustaz pada Rabu (13/12/2023) usai penandatanganan Pakta Integritas Ijtima Ulama. Ia juga menjelaskan dukungan tersebut berdasarkan penilaiannya kepada Anies.

Setelah berdialog santai bersama Mas Anies, UAS menjadi tahu bahwa skill leadership Mas Anies sudah terbentuk sejak masa kecil dan mental Mas Anies yang tetap tenang dalam menghadapi serangan para haters ternyata telah terbentuk sejak masih remaja. Mas Anies sejak kecil aja sudah siap dikerook, apalagi sekarang!,” tulis keterangan Uztaz Abdul Somad dalam media sosialnya, @ustadzabdulsomad_official.

Sementara itu, Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin, Jazilul Fawaid memastikan bahwa Ustaz Abdul Somad telah memberikan dukungannya. Meskipun mendukung, ia juga menjelaskan bahwa UAS bukan juru kampanye (jurkam) paslon Amin.

“Beliau bukan jurkam, beliau bukan juga (anggota) timnas. Beliau ulama, tetap ulama,” kata Jazilul melansir dari Antara.

Meskipun bukan anggota dan juru kampanye, Jazilul menyebutkan bahwa UAS mempunyai kesadaran terhadap pentingnya perubahan. Sehingga ia berharap para ulama yang lain bisa mempunyai pandangan yang sama terhadap Indonesia.

Ustaz Abdul Somad juga memberikan dukungan, inspirasi, dan peringatan kepada pasangan Anies-Muhaimin untuk demokrasi yang lebih baik. Jazilul juga menilai UAS adalah ulama yang mempunyai pengaruh di Tanah Melayu secara nasional di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Ustaz Abdul Somad

Melansir dari p2k.stekom.ac.id Ustaz Abdul Somad dikenal sebagai ulama yang mempunyai panggilan UAS. Ustaz Abdul Somad merupakan anak dari pasangan Bakhtiar dan Rohana yang lahir pada 18 Mei 1977 di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara.

Pria berusia 46 tahun tersebut pernah menikah dengan Melly Juniarti pada 2012 dan dikaruniai satu orang putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah. Namun pernikahan tersebut tidak berlangsung lama dan keduanya bercerai pada 2019.

Adapun di tahun 2021 Ustaz Abdul Somad kembali menikah dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Melalui pernikahan tersebut keduanya dikaruniai seorang putra bernama Samy Ahmad Mesbahy Ibadillah.

UAS dikenal sebagai ulama dan penceramah yang mempunyai fokus pada bidang ilmu hadis dan fikih. Ia juga mempunyai profesi sebagai dosen dan pernah mengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau pada 2009-2019.

Ciri khas UAS dalam menyampaikan dakwahnya ada pada pembawaannya yang humoris sehingga ia bisa menjadi salah satu ustaz yang cukup populer. Sementara itu Ustaz Abdul Somad sempat dianggap mempunyai pandangan yang konservatif dan objektif dengan ceramahnya mencakup topik literal tentan Al-Quran dan Sunnah.

3 dari 4 halaman

Riwayat Pendidikan dan Pengabdian UAS

Ustaz Abdul Somad pernah menempuh pendidikan di beberapa sekolah dan perguruan tinggi, berikut ini adalah riwayat pendidikannya:

1. SD Al-Washiliyah, Medan (1990)

2. Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah, Medan (1993)

3. Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu (1996)

4. S1 Universitas Al-Azhar, Mesir (2002)

5. S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko (2006)

6. S3 Universitas Islam Omdurman, Sudan (2019)

7. Profesor Tamu di Fakulti Usuluddin Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam (2020-2022), (2023-sekarang).

Riwayat Pengabdian UAS

Setelah lulus dari Maroko berikut ini adalah beberapa riwayat pengabdian Ustaz Abdul Somad di berbagai lembaga:

1. Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

2. Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau

3. Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru

4. Anggota MUI Provinsi Ruai, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode (2009-2014)

5. Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, (2009-2014)

6. Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, (2009-2014)

7. Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Fatwa (2014-2019)

8. Wakil Ketua Majelis Ifta Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Provinsi Riau, (2017-2022)

9. Wakil Ketua Dewan Fatwa Pengurus Besar Al Washliyah, (2021-2026)

10. Ketua Majelis Ifta Perti Provinsi Riau, (2022-2027).

4 dari 4 halaman

Buku Terjemahan dan Buku UAS

Mengutip dari Gramedia berikut ini adalah beberapa buku terjemahan dan buku-buku Ustaz Abdul Somad:

Buku Terjemahan (Arab-Indonesia)

  • 55 Nasihat Perkawinan untuk Perempuan (Judul asli: 55 Nashihat li Al-Banat Qabla Az-Zawaj). Penulis asli: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendekia Sentra Muslim–Jakarta pada April 2004;
  • 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul asli: 30 Al-Mubasysyarun bi Al-Jannah). Penulis asli: DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats, Cairo. Diterbitkan oleh Cendekia Sentra Muslim–Jakarta pada Juli 2004;
  • 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul asli: 15 Sabab min Asbab Naz’ Al-Barakah). Penulis asli: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah, Cairo. Diterbitkan oleh Cendekia Sentra Muslim–Jakarta pada Agustus 2004;
  • Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul asli: Syahr Al-‘Asal bi la Khajal). Penulis asli: DR. Aiman Al-Husaini. Diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif–Jakarta pada September 2004;
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul asli: Akhta’ fi Mafhum Az-Zawaj). Penulis asli: Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd. Diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif–Jakarta pada September 2004;
  • 101 Kisah Orang-Orang yang Dikabulkan Doanya (Judul asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’). Penulis asli: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam–Jakarta pada Desember 2004;
  • Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut). Penulis asli: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar–Jakarta pada Maret 2008;
  • Sejarah Agama Yahudi (Judul asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah).Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar–Jakarta pada Desember 2009.

Buku-Buku UAS

  • 15 Sebab Dicabutnya berkah;
  • 30 Fatwa Seputar Ramadhan (Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, dan Syekh DR. Ali Jum’ah);
  • 30 Mutiara Ramadhan;
  • 32 Naskah Khotbah;
  • 33 Tanya Jawab Seputar Kurban;
  • 35 Kisah Saat Maut Menjemput;
  • 37 Masalah Populer;
  • 40 Hadis Zikir dan Doa Menurut Sunah;
  • 77 Tanya Jawab Seputar Salat;
  • 99 Pertanyaan Seputar Salat;
  • Amalan yang Paling Dicintai Allah;
  • Metode Takhrij Hadis;
  • Semua Ada Saatnya;
  • Tanya Jawab Seputar Tauhid, Akhlak, Salat, Puasa, Zakat, Haji, Kredit, Riba, dan Fatwa Milenial Lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini