Sukses

Liburan Panjang di Solo, Ini Deretan Destinasi Wisata Menariknya

Deretan destinasi wisata di Kota Solo juga bisa dinikmati bersama keluarga, teman, atau bagi para solo traveler. Jika kamu sudah memiliki rencana liburan panjang ke Solo, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan:

Liputan6.com, Solo - Menikmati liburan di Kota Solo merupakan waktu yang tepat untuk menjelajahi destinasi menarik di setiap sudutnya. Tak hanya kaya sejarah dan budaya, Kota Solo juga menawarkan beragam atraksi menarik untuk wisatawan.

Deretan destinasi wisata Solo juga bisa dinikmati bersama keluarga, teman, atau bagi para solo traveler. Jika kamu sudah memiliki rencana liburan panjang ke Solo, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan:

1. Wisata sejarah di Keraton Kasunanan Surakarta

Solo memiliki warisan sejarah di Keraton Kasunanan Surakarta. Bagi pencinta sejarah, tempat ini bisa menjadi pilihan tepat.

Wisatawan bisa menjelajahi bangunan bersejarah di Keraton Kasunanan Surakarta sekaligus menikmati pertunjukan tari dan gamelan. Selain itu, ada juga museum yang menghadirkan koleksi kerajaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampung Batik

2. Wisata seni di Kampung Batik

Bagi pencinta seni, berwisata ke kampung batik juga bisa menjadi salah satu pilihan. Ada dua kampung batik di Kota Solo yang bisa dikunjungi, yaitu Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman.

Pengunjung akan menikmati tempat terbaik untuk mengeksplorasi seni batik. Tak hanya berwisata, pengunjung juga bisa belajar cara membuat batik, menemukan motif batik khas, hingga mengunjungi rumah produksi seni batik dan galeri artefak budaya.

3. Wisata budaya di Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran memiliki koleksi berharga dari Kerajaan Mataram dan Majapahit. Destinasi ini bisa menjadi pilihan wisata budaya saat berkunjung ke Solo.

Pengunjung bisa menjelajahi pendopo, menyaksikan pertunjukan klasik, hingga menikmati makan malam istana dengan hidangan khas Keraton Mangkunegaran. Hal ini akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

4. Wisata kuliner

Berburu kuliner tak bisa dipisahkan dari liburan. Kota Solo memiliki beragam tempat kuliner yang bisa dijajal, seperti Kota Barat, New Galabo, Kuliner Mangkubumen, Pasar Gede, dan lainnya.

Beberapa tempat itu menyajikan berbagai hidangan khas, seperti nasi liwet, brambang asem, gudeg ceker, dan masih banyak lagi. Temukan kuliner khas Solo favoritmu di setiap sudut kota ini.

 

3 dari 3 halaman

Solo Safari

5. Wisata keluarga di Solo Safari

Solo Safari adalah destinasi baru yang cocok untuk keluarga. Pengunjung dapat berinteraksi dan menyaksikan pertunjukan satwa. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya, seperti petting zoo, interaksi dengan satwa, dan edukasi satwa.

6. Jelajah pasar tradisional dan wisata edukasi di Museum

Kota Solo memiliki banyak pasar tradisional dan museum, salah satunya Pasar Klewer yang terkenal dengan berbagai kain batik dan kuliner khasnya. Selain itu, jangan lewatkan kunjungan ke Pasar Antik Triwindu, Museum Keris Solo, serta Tumurun Private Museum untuk menikmati seni dan barang-barang antik lainnya.

7. Wisata malam di Ngarsopuro Night Market

Menikmati malam di Kota Solo bisa dilakukan dengan mengunjungi Ngarsopuro Night Market. Tempat ini menawarkan banyak atraksi, live music, street art market, serta berbagai kuliner khas Solo.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.