Sukses

Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Memakai Lensa Mata Terlalu Lama

Lensa mata membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata, mengarahkannya agar jatuh pada titik fokus yang tepat di retina.

Liputan6.com, Jakarta - Lensa mata adalah salah satu alat yang dibuat untuk membantu penglihatan seseorang agar menjadi lebih jelas. Terbuat dari berbagai macam bahan dan banyak pilihan.

Dirangkum dari berbagai sumber, lensa mata digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah penglihatan. Seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, dan presbiopi.

Lensa mata membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata, mengarahkannya agar jatuh pada titik fokus yang tepat di retina. Selain fungsi korektif, lensa mata juga digunakan sebagai aksesori mode.

Berbagai desain dan warna menawarkan gaya dan ekspresi pribadi. Penggunaan lensa mata berlebihan atau terlalu lama dapat membawa risiko serius bagi kesehatan mata.

Terlalu lama memakai lensa mata dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk:

Kering dan Iritasi Mata

Pemakaian lensa mata dalam waktu yang lama dapat mengurangi kadar kelembapan mata, menyebabkan mata kering dan iritasi. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari dan bahkan mempengaruhi kualitas penglihatan.

Infeksi Mata

Kondisi mata yang lelah dan kering menciptakan lingkungan yang lebih ramah bagi bakteri dan kuman. Jika lensa mata tidak dibersihkan dengan benar atau digunakan terlalu lama, risiko infeksi mata seperti konjungtivitis meningkat secara signifikan.

Menurunkan Oksigenasi Mata

Lensa mata dapat menghalangi aliran oksigen ke mata. Jika mata tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, ini dapat menyebabkan kelelahan mata, penglihatan kabur, bahkan kerusakan permanen pada kornea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan Lensa Mata

Peningkatan Risiko Alergi Mata

Penggunaan lensa mata terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan debu dan partikel di antara lensa dan mata. Ini dapat memicu reaksi alergi, yang dapat merusak mata dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Perubahan Bentuk Kornea

Pemakaian lensa kontak terlalu lama dapat menyebabkan perubahan bentuk kornea, yang dapat mengakibatkan astigmatisme dan masalah penglihatan lainnya.

Penting untuk diingat bahwa pemakaian lensa mata harus sesuai dengan panduan dokter dan produsen. Jangan melebihi waktu yang dianjurkan dan selalu lakukan perawatan yang tepat terhadap lensa mata.

Melibatkan mata dalam istirahat sesekali dengan tidak menggunakan lensa mata dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Penulis: Belvana Fasya Saad

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini