Sukses

Jadi Perbincangan AI Duet dengan Melly Goeslaw, Ini Deretan Fakta Menarik Mendiang Nike Ardilla

Sebelum resmi dirilis, warganet dibuat penasaran dengan sejumlah unggahan Melly yang menampilkan sosok Nike Ardilla yang berhadapan dengannya. Hingga kemudian, lagu duet dengan Nike Ardilla itu dirilis pada 6 Desember 2023.

Liputan6.com, Yogyakarta - Nama Nike Ardilla kembali diperbincangkan usai dirilisnya lagu baru Melly Goeslaw berjudul Bertemu Kembali. Dalam lagu ini, Melly mengajak serta sahabat lamanya yang sudah meninggal dunia itu untuk berduet.

Sebelum resmi dirilis, warganet dibuat penasaran dengan sejumlah unggahan Melly yang menampilkan sosok Nike Ardilla yang berhadapan dengannya. Hingga kemudian, lagu duet dengan Nike Ardilla itu dirilis pada 6 Desember 2023.

Nike Ardilla merupakan sosok penyanyi asal Indonesia yang cukup populer pada zamannya. Sayangnya, ia telah berpulang pada usia 19 tahun.

Meski demikian, lagu-lagunya masih tetap populer sepanjang masa. Mengutip dari berbagai sumber, berikut fakta menarik mendiang Nike Ardilla yang perlu diketahui:

1. Pemenang berbagai festival musik

Nike Ardilla pertama kali menjuarai festival di umur 8 tahun. Hingga akhirnya ia bertemu dengan produser musik Deddy Dores.

2. Rekaman di usia muda

Lagu debutnya yang berjudul Lupa Diri direkam saat ia berusia 11 tahun. Tak hanya sebagai penyanyi, di usia 11 tahun itu ia juga debut akting di film layar lebar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asia Song Festival 1991

3. Mewakili Indonesia di Asia Song Festival 1991

Pada 1991, Nike Ardilla dipercaya mewakili Indonesia di Asia Song Festival di China. Saat itu, usianya masih 16 tahun. Bahkan, ia menjuarai Penyanyi Pop Terbaik se-Asia Pasifik.

4. Penghargaan

Dari beberapa album yang telah dirilisnya, sembilan di antaranya telah meraih penghargaan sebagai Best Selling Album (album terlaris). Empat albumnya mendapat penghargaan dari BASF Awards, yaitu Bintang Kehidupan, Nyalakan Api, Biarlah Kumengalah, dan Mama Aku Ingin Pulang.

Selain BASF Awards, beberapa albumnya juga mendapat penghargaan dari HDX Awards, yaitu Biarkan Cintamu Berlalu, Deru Debu, Sandiwara Cinta, dan Suara Hatiku. BASF Awards dan HDX Awards kini diganti oleh Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards)

Adapun album Duri Terlindung juga pernah mendapat penghargaan dari Anugrah Industri Muzik Malaysia.

5. Prangko hingga nama jalan

Pada 1996, prangko Nike Ardilla pernah dirilis di Rusia. Sementara pada 2000, kartu telepon bergambar dirinya juga dirilis PT Telkom. Selain itu, namanya diabadikan menjadi nama sebuah jalan di komplek perumahan di Jakarta selatan. 

6. Meninggalkan banyak karya

Saat berpulang pada usia 19 tahun, Nike Ardilla sudah memiliki lebih dari 130 lagu dan lebih dari 20 judul film maupun sinetron. Angka tersebut terbilang fantastis untuk pencapaian artis di usia 19 tahun.

7. Museum Nike Ardilla

Kepergian Nike Ardilla yang terlalu cepat saat usia muda telah meninggalkan kesedihan mendalam. Untuk mengenang sosoknya, para penggemar mengunjungi makam dan Museum Nike Ardilla di Komplek Arya Graha, Jalan Aria Utama No.5, Cipamokolan, Rancasari, Bandung.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.