Sukses

Muncul Iklan Pop Up di Gim Assassin's Creed, Ubisoft Sebut Ada Kesalahan Teknis

Akhir-akhir ini Ubisoft tengah jadi perbincangan hangat para gamers. Pasalnya, muncul iklan pop up di tengah-tengah permainan Assassin's Creed.

Liputan6.com, Bandung - Akhir-akhir ini para pemain gim Assassin’s Creed mengeluhkan adanya iklan pop-up di tengah-tengah permainan mereka. Pihak Ubisoft selaku perusahaan yang menerbitkan gim tersebut langsung memberikan pembelaan diri.

Ubisoft menyebutkan bahwa munculnya iklan pop-up dalam gim tersebut merupakan insiden yang berasal dari kesalahan teknis. Namun, para pemain mengaku penjelasan Ubisoft kurang memuaskan.

Mengingat para pemain telah membayar sejumlah uang untuk bisa bermain gim tersebut namun tanpa adanya pemberitahuan justru muncul iklan di tengah-tengah permainan. Sehingga para pemain banyak yang merasa kecewa pada Ubisoft karena pengalaman bermain mereka terganggu.

Pihak Ubisoft sendiri mengklaim bahwa mereka telah mengurungkan niatnya untuk menyertakan iklan dalam gim. Namun atas kejadian tersebut, sejumlah warganet mulai membicarakan tentang transparansi dan integrasi industri gim yang harus dipertimbangkan.

Sejumlah pemain menyampaikan bahwa kejadian tersebut adalah kejadian yang tidak etis karena gim tersebut adalah gim berbayar. Namun perusahaan gim tersebut justru memasang iklan tidak di halaman depan namun di dalam game tersebut.

Ubisoft sekarang Mengganggu Gameplay dengan Iklan Pop-Up,” tulis akun X @PC_Focus_.

Diketahui, iklan pop-up yang muncul dalam gim Assassin’s Creed Mirage merupakan iklan diskon Assassin’s Creed untuk masa Black Friday. Terdapat beberapa pemain yang mengeluhkan jika mereka mendapatkan iklan satu layar penuh ketika hendak mengakses peta di dalam gim.

Di mana ketika pemain membuka peta tampilan tidak langsung menampilkan peta tetapi iklan tersebut selama tiga detik. Namun, setelah Ubisoft memberikan klarifikasi sejauh ini tidak ada laporan lain terkait munculnya iklan serupa di forum gim atau media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi Ubisoft

Pada Sabtu (25/11/2023), pihak Ubisoft mengunggah klarifikasinya di media sosial X setelah ramai pembahasan iklan pop-up tersebut. Ubisoft menyebutkan jika gangguan yang dialami oleh para pemain merupakan kesalahan teknis yang saat ini telah diperbaiki.

Kami telah diberitahu bahwa beberapa pemain menemukan pesan pop-up dalam game saat memainkan judul Assassin’s Creed tertentu kemarin. Ini adalah akibat dari kesalahan teknis yang kini telah diperbaiki,” tulis akun @assassinscreed.

Ubisoft juga menjelaskan bahwa iklan pop up tersebut adalah bagian dari berita franchise gim mereka. Seharusnya promosi tersebut ditampilkan pada bagian menu utama gim Assassin’s Creed lainnya.

Niat kami adalah menampilkan promosi Assassin’s Creed Mirage sebagai bagian dari berita franchise di menu utama game Assassin’s Creed lainnya,” ujarnya.

Ubisoft juga mengakui bahwa kesalahan teknis tersebut membuat iklan pop-up justru muncul dalam salah satu menu gim. Adapun setelah mengetahui adanya kejadian tersebut, Ubisoft langsung memperbaikinya.

Sayangnya, kesalahan teknis ini menyebabkan promosi tersebut muncul di salah satu menu dalam game kami. Kami ingin memastikan pengalaman pemain sebaik mungkin, dan pop-up yang mengganggu ini segera dihapus setelah kami mengetahui masalah ini. Kami menghargai pengertian Anda saat ini kami menyelidiki penyebab masalah ini,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Game Assassin’s Creed?

Assassin’s Creed merupakan permainan video aksi petualangan yang dibuat oleh Patrice Desilets, Jade Raymond, dan Corey May. Gim ini dikembangkan serta diterbitkan oleh perusahaan Ubisoft dengan menggunakan gim engine Anvil.

Diketahui gim Assassin’s Creed menjadi gim petualangan yang berisi pertarungan antara Assassin. Diketahui gim ini terinspirasi dari novel Alamut karya Slovenia Vladimir Bartol dan secara konsep permainan dibentuk dari seri Prince of Persia.

Game Assassin’s Creed pertama kali diterbitkan pada 13 November 2007 dan saat ini mempunyai banyak jenis menarik lainnya. Adapun versi terbitan terbarunya adalah Assassin’s Creed Mirage yang rilis pada 5 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi minimal dan spesifikasi rekomendasi untuk bermain game tersebut:

1. Spesifikasi Minimal Assassin’s Creed: Mirage (1080p, 30fps)

  • CPU: Intel Core i7-4790k (Intel Core i5-8400 untuk Intel Arc dengan ReBAR)/AMD Ryzen 5 1600
  • GPU: Intel Arc A380 6GB/NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB/AMD Radeon RX 570 4GB
  • RAM: 8GB (dual-channel mode)
  • OS: Windows 10/11
  • Penyimpanan SSD: 40 GB

2. Spesifikasi PC Direkomendasikan Assassin's Creed: Mirage (1080p, 60fps)

  • CPU: Intel Core i7-8700K/AMD Ryzen 5 3600
  • GPU: Intel Arc A750 8GB/NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti 6GB/AMD Radeon RX 5600 XT 6GB
  • RAM: 16GB (dual-channel mode)
  • OS: Windows 10/11
  • Penyimpanan SSD: 40 GB

3. Spesifikasi PC 2K Assassin's Creed: Mirage (1440p, 60fps)

  • CPU: Intel Core i7-9700K/AMD Ryzen 7 3700X
  • GPU: Intel Arc A770 8GB/NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB/AMD Radeon RX 5700 XT 8GB
  • RAM: 16GB (dual-channel mode)
  • OS: Windows 10/11
  • Penyimpanan SSD: 40 GB

4. Spesifikasi PC Ultra 4K Assassin's Creed: Mirage (2160p, 60fps)

  • CPU: Intel Core i5-11600K/AMD Ryzen 5 5600X
  • GPU: NVIDIA GeForce 3080 10 GB/AMD Radeon RX 6900 XT 16 GB
  • RAM: 16GB (dual-channel mode)
  • OS: Windows 10/11
  • Penyimpanan SSD: 40 GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.