Sukses

Beredar Video Pimpinan KKB Egianus Kogoya Ancam Tembak Mati Pilot Susi Air

Dalam video berdurasi 49 detik itu, Egianus mengancam menembak tawanan pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens.

 

Liputan6.com, Jakarta - Egianus Kogoya, pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) wilayah Nduga Papua yang kerap disebut pemerintah Indonesia sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) baru saja merilis video. Dalam video berdurasi 49 detik itu, Egianus Kogoya mengancam menembak mati tawanan pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens.

"Kalau negara tidak bicara untuk Papua, Indonesia tidak mengaku, bagi pilot ini saya kasih waktu dua bulan, saya akan tembak," kata Egianus dalam video tersebut. 

Selain mengancam menembak pilot Susi Air, Egianus menyerukan dunia internasional mendesak pemerintah Indonesia bertanggung jawab jika Kapten Philips ditembak mati.

"Negara semua tuding Indonesia, kalau tidak saya akan akan tembak," kata Egianus.

Egianus sendiri menuntut pemerintah Indonesia untuk segera mengakui kemerdekaan Papua Barat.

"Kalau tentara dan Indonesia tidak mengakui kemerdekaan kami, maka saya akan kasih tembak," katanya lagi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disandera Sejak 7 Februari 2023

Sebelumnya pada 27 Mei 2023, melalui video yang juga disebar di media sosial, Egianus ingin bernegosiasi terkait pembebasan pilot Susi Air, namn sampai sekarang tidak ada jalan keluar.

Pilot Susi Air Philips Mark Methrtens sendiri telah ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Tidak hanya menawan, pesawatnya juga dibakar di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini