Sukses

Warga Samarinda Tewas Bersimbah Darah di Kandang Harimau

Seorang warga Samarinda yang bertugas merawat seekor harimau ditemukan tewas di kandang.

Liputan6.com, Samarinda - Seorang warga Samarinda, Suprianda, ditemukan bersimbah darah di sebuah kandang harimau di Jalan KH Wahid Hasyim 2, Sempaja, Samarinda, Sabtu (18/11/2023). Keberadaan harimau tersebut diduga ilegal.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, Suprianda sekitar pukul 11.00 WITA seperti biasa masuk ke kandang untuk memberi makan. Pria tersebut merupakan penjaga dan perawat harimau milik majikannya tersebut.

Lokasi kandang berada di di bagian belakang rumah yang dikelilingi pagar beton. Setengah jam kemudian, istri korban berusaha menghubungi suaminya. Usaha tersebut terus dilakukan namun tanpa respon.

Istri korban kemudian mendatangi rumah pemilik harimau dan melaporkan hal tersebut. Setelah diperiksa, Suprianda ditemukan bersimbah darah di dalam kandang.

Sekitar pukul 15.00 WITA, korban dievakuasi dari dalam kandang dan langsung dibawa ke rumah sakit. Korban kemudian dinyatakan meninggal dunia dengan luka-luka di sekujur tubuh.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Ari Wibawanto menjelaskan, pihaknya menerima laporan mengenai keberadaan harimau. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian.

“Intinya betul ada kepemilikan harimau dan diduga harimau sumatera,” kata Ari di lokasi kejadian.

Kepolisian juga tampak berada di sekitar kandang. Sementara olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) belum bisa dilakukan mengingat kandang masih dihuni harimau

Untuk selanjutnya, BKSDA Kaltim akan melakukan pendalaman setelah kejadian ini. Fokus utamanya adalah tes DNA untuk memastikan jenis harimau ini.

“Kita akan evakuasi ke lembaga konservasi yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara,” tambahnya.

Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli yang datang ke TKP menjelaskan kepolisian sudah meminta keterangan sejumlah saksi mata, termasuk pemilik kandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.