Sukses

Banjir Melanda 2 Desa di Simeulue Aceh, Pohon Bertumbangan Tutup Jalan

Banjir melanda dua desa di Kabupaten Simeulue, Aceh, usai hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah tersebut.

 

Liputan6.com, Aceh - Banjir melanda dua desa di Kabupaten Simeulue Aceh, usai hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah tersebut. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, Zulfadli, Jumat (1/9/2023) mengatakan, selain banjir, beberapa pohon kayu tumbang menutup badan jalan.

"Sampai saat ini laporan yang kami terima ada dua desa di dua kecamatan di Simeulue dilanda banjir. Belum ada pengungsian akibat bencana tersebut. Ketinggian air mencapai betis orang dewasa," kata Zulfadli, dikutip Antara.

Adapun desa yang dilanda banjir tersebut yakni Desa Abail di Kecamatan Teupah Tengah dan Desa Labuhan Jaya di Kecamatan Teupah Selatan. Sedangkan pohon tumbang menutupi badan jalan terjadi di Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur.

"Tim BPBD sudah dikerahkan ke lokasi banjir membantu warga terdampak bencana. Sementara untuk pohon tumbang, pihak BPBD Simeulue telah melakukan pembersihan," kata Zulfadli.

Sampai saat ini, lanjut dia, warga terdampak banjir masih bertahan di rumah masing-masing. Belum ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut. Sedangkan kerugian materi masih dalam pendataan.

Berdasarkan peringatan dini BMKG, kata Zulfadli, ada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Simeulue hingga beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu Zulfadli mengimbau masyarakat di Kabupaten Simeulue mewaspadai cuaca ekstrem berpotensi menyebabkan bencana alam tersebut seperti banjir, tanah longsor, maupun pohon tumbang.

"Kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana serta pesisir pantai dan pegunungan diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," ujar Zulfadli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini