Sukses

5 Kampus Swasta Terbaik di Palembang, Milik Politisi Hingga Dosen Bergelar Profesor

Ada 5 kampus swasta terbaik di Kota Palembang, yang mempunyai tenaga pengajar bergelar profesor hingga dimiliki oleh politisi ternama di Indonesia.

Liputan6.com, Palembang - Ada banyak pilihan kampus-kampus terbaik di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), yang menyediakan beragam program studi pilihan calon mahasiswa, seperti Universitas Sriwijaya (Unsri).

Namun ada juga kampus swasta terbaik yang menjadi favorit yang tak kalah saing dalam menghadirkan kualitas pendidikan bagi generasi muda.

Dari data UniRank 2023, ada 5 kampus terbaik di Palembang, yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa untuk bergabung sesuai dengan minatnya.

Kampus swasta terbaik di Palembang yang paling banyak diminati yakni Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, yang berlokasi di kawasan Plaju Palembang. UBD Palembang menduduki peringkat nasional di urutan 120 dan berakreditasi B.

Bahkan beberapa waktu lalu, Rektor UBD Palembang, Sunda Ariana, dinobatkan sebagai guru besar atau profesor dalam bidang Ilmu Managemen Pendidikan. Tak hanya satu saja, ada banyak guru besar atau profesor yang menjadi tenaga pendidik di UBD Palembang.

“Saya tidak akan berhenti di sini saja, harus membuat karya, harus menulis, memberikan masukan-masukan ke pemerintah daerah dan berkontribusi untuk daerah,” ujar Sunda Ariana, kepada Liputan6.com, Minggu (20/8/2023).

Bahkan Gubernur Sumsel Herman Deru pun mengapresiasi Rektor UBD Palembang, yang semakin menambah deretan orang-orang pintar di Sumsel.

“Sumsel bertambah orang pintarnya, guru besar bertambah lagi. Keistimewaannya juga dari kampus swasta,” kata Gubernur Sumsel.

Kampus swasta ini juga menggelar kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, untuk mengembangkan dan memperkuat kapasitas pendidikan keteknikan untuk magister dan doktoran bagi tenaga pendidik di UBD Palembang.

Lalu ada Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) yang menduduki peringkat nasional urutan 180 berakreditasi. Kampus yang berada tak jauh dari UBD Palembang ini juga, membuka berbagai pendidikan sarjana hingga magister.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampus Swasta Terbaik

Urutan ketiga yakni Universitas PGRI Palembang dengan peringkat nasional 201. Sama seperti dua kampus sebelumnya, kampus yang banyak mencetak tenaga pendidik ini juga berlokasi di Seberang Ulu, tepatnya di Plaju Palembang.

Urutan keempat yang mengantongi akreditasi Baik Sekali yakni Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang. Kampus yang berada di Jalan Sudirman Palembang ini berada di peringkat nasional urutan ke 265.

Namun kampus ini lebih dikenal dengan kampus Marzuki Alie, politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai mantan Ketua DPR RI periode 2009-2014.

UIGM Palembang juga berhasil meraih peringkat ke-7 PTS tingkat nasional, yang dikeluarkan oleh The Impact Rankings 2023 dan peringkat pertama kampus swasta terbaik di Sumatra.

3 dari 3 halaman

Milik Marzuki Alie

Rektor UIGM Palembang Marzuki Alie mengatakan, penghargaan tersebut menunjukkan jika UIGM Palembang serius dan fokus dalam memajukan pendidikan berkualitas di Indonesia.

“Alumni-alumni yang telah rampungkan masa studinya akan menjadi tolok ukur jika UIGM Palembang melahirkan orang-orang yang memiliki kapabilitas yang mumpuni sesuai dengan bidangnya,” katanya.

PTS terakhir yang masuk sebagai kampus swasta terbaik di Palembang adalah Universitas Katolik Musi Charitas, yang berlokasi Jalan Bangau Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang.

Kendati labelnya Katolik, namun kampus swasta yang menduduki peringkat nasional di urutan ke-308 dan terakreditasi B ini, menampung semua mahasiswa dari berbagai agama di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.