Sukses

Curhat Seniman Kuda Kepang Kebumen, Langganan Meriahkan HUT Kemerdekaan tapi Tak Pernah Dapat Bantuan

Kuda kepang adalah kesenian rakyat yang menjadi langganan ditampilkan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI. Kesenian ini populer dan menjadi klangenan masyarakat, terutama di Jawa

Liputan6.com, Kebumen - Paguyuban seni budaya Kuda Kepang Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Kebumen, mengeluhkan susahnya mendapatkan bantuan untuk komunitasnya.

Diketahui, kuda kepang adalah kesenian rakyat yang menjadi langganan ditampilkan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI. Kesenian ini populer dan menjadi klangenan masyarakat, terutama di Jawa.

Hal ini disampaikan salah satu penasehat seni budaya Kuda Kepang Kojeri Marto Atmojo (75) saat kegiatan "Jumat Curhat" Polres Kebumen di desanya, Jumat 18 Agustus 2023.

Menurut Kojeri, saat ini kas di paguyubannya benar-benar kosong bahkan minus, sehingga meminta bantuan pihak Polres Kebumen agar dibantu saat pengurusan pendaftaran seni budayanya supaya bantuan pemerintah bisa diperoleh.

"Saya berkeinginan untuk memajukan seni Kuda Kepang. Untuk memajukan diperlukan dana bantuan. Jika ingin mengajukan permohonan bantuan, harus disertai beberapa administrasi. Selama ini persyaratan itu kami sudah berusaha memenuhi namun tetap belum bisa," jelas Kojeri.

Menurut Kojeri yang menjadi hambatan kelompoknya yakni ada persyaratan yang tidak bisa diloloskan diantaranya, Kuda Kepang sarat dengan adegan "mendem" yang membuatnya tidak bisa mendapatkan salah satu surat penting dalam perijinan dalam pendaftaran keseniannya.

Dengan adanya berbagai langkah yang ia tempuh namun masih belum berbuah hasil, ia meminta pihak Polres Kebumen untuk mendampingi kelompoknya agar persyaratan bisa lolos sehingga kesenian Kuda Kepang di Desa Kalirancang bisa terus lestari.

"Jika tidak ada yang mendem seperti halnya sayur tanpa garam, hambar. Sebenarnya ini rahasia perusahaan, tidak benar-benar mendem, namun hanya trik dalam pertunjukan agar lebih menarik," katanya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Kesenian Rakyat

Merespons keluhan ini, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto pihaknya siap mendampingi jika benar untuk alasan melestarikan kebudayaan.

"Jelas ini budaya yang harus dilestarikan. Mari bareng-bareng maju mengurus hal tersebut. Kemarin kita mengibarkan keseninan budaya Tari Cepetan di Jawa Tengah," kata AKP Heru yang juga Plt Kasat Binmas Polres.

Masalah perijinan, penekanan AKP Heru, komunitas Kuda Kepang juga harus berkoordinasi dengan pihak Pemdes Kalirancang, Kecamatan, serta Polsek dalam merumuskan perijinan sehingga hambatan bisa diurai bersama.

Seperti yang dilakukan kepada kesenian Tarian Cepetan, AKP Heru siap juga mengibarkan kesenian Kudang Kepang sebagai bentuk dukungan Polri kepada seni budaya kearifan lokal.

Kapolsek Alian Iptu Awaludin yang juga hadir dalam kesempatan itu siap membantu kesenian Kuda Kepang agar bisa terdaftar.

Menurut Iptu Awaludin ada beberapa persyaratan dan kriteria yang mungkin harus dipenuhi sehingga kesenian Kuda Kepang terdaftar, sehingga bisa memperoleh bantuan agar kesenian semakin berkembang.

Beberapa izin kegiatan Kuda Kepang yang masuk ke Polsek Alian, oleh Iptu Awaludin juga dilakukan acc selama masih menjadi kewenangannya sebagai Kapolsek.

Saat ini di Desa Kalirancang sedikitnya terdapat tiga kelompok Kuda Kepang. Diantaranya Turonggo Jati Budoyo, Turonggo Seto, dan Cahyo Mudho sabdoguno.

Kesenian ini oleh warga setempat sangat diminati, sehingga Iptu Awaludin juga berpesan kepada para pecinta Kuda Kepang agar senantiasa menjaga situasi Kamtibmas saat pertunjukan berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.