Sukses

6 Pakaian Adat Jokowi saat Sidang Tahunan MPR, Kali Ini Pakai Baju Tanimbar Maluku

Berikut beberapa pakaian adat Jokowi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dari tahun ke tahun

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap tahunnya, Presiden Jokowi akan hadir dan berpidato dalam Sidang Tahunan MPR. Dalam setiap kunjungannya, Presiden Jokowi pun hadir dengan mengenakan pakaian adat nusantara.

Tahun ini, Sidang Tahunan MPR berlangsung pada Rabu (16/8/2023). Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku.

Mengenakan pakaian adat seolah menjadi tradisi tersendiri bagi Presiden Jokowi karena hal itu telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa pakaian adat Jokowi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dari tahun ke tahun:

1. Pakaian Adat Suku Bugis (2017)

Pada Sidang Tahunan MPR 2017, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Suku Bugis. Saat itu, Presiden Jokowi mengenakan beskap hitam lengkap dengan songkok ta bone berwarna emas. Pakaian tersebut dipadupadankan dengan sarung songket warna jingga dan aksen merah maroon keemasan.

2. Pakaian Adat Suku Sasak (2019)

Selanjutnya pada Sidang Tahunan MPR 2019, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Suku Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB). Baju adat yang dikenakan tersebut berwarna coklat keemasan dengan bawahan songket bermotif.

Tak ketinggalan, Presiden Jokowi juga menambahkan keris sebagai aksen di bagian depan. Untuk penutup kepala, terdapat mahkota yang disebut asapuk.

3. Pakaian Adat Suku Sabu NTT (2020)

Pada 2020, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Sidang Tahunan MPR. Presiden Jokowi mengenakan inner hitam dengan disematkan tenun menyilang di bagian dada. Untuk melengkapi penampilannya, terdapat tambahan aksesori berupa kalung dan sabuk berwarna emas.

4. Pakaian Adat Suku Badui (2021)

Pada Sidang Tahunan MPR 2021, Presiden Jokowi tampil dengan busana adat Urang Kanekes dari Suku Badui. Baju lengan panjang atau yang disebut dengan jamang sangsang itu dikenakan dengan menambahkan tenun khas Badui yang dijadikan ikat kepala. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengenakan tas selempang khas suku tersebut.

5. Pakaian Adat Kepulauan Bangka Belitung (2022)

Selanjutnya saat Sidang Tahunan MPR 2022, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pakaian adat tersebut berwarna hijau muda dan tampak berlapis-lapis.

Presiden Jokowi mengenakan inner, outer, kain songket, dan celana panjang dengan warna senada. Untuk melengkapi tampilannya, Presiden Jokowi mengenakan headpiece berwarna emas khas Sumatera.

Selain itu, juga terdapat selendang yang melingkar di badannya. Selendang tersebut memiliki motif yang senada dengan outer yang dikenakan.

6. Pakaian Adat Tanimbar Maluku (2023)

Sementara itu, tahun ini Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Dengan kemeja putih, sebuah kain tenun sinune berkelir hitam menghiasi penampilan Presiden Jokowi.

Kain tersebut diikat di pinggang. Adapun dua kain tenun lainnya yang bergaris merah tua dengan motif khas melintang di tubuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengenakan penutup kepala bernama tutuban ulu berhiaskan somalea. Tak lupa, pernak-pernik kalung juga menghiasi bagian leher dan dada untuk melengkapi pakaian adat Tanimbar Maluku yang dikenakan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini